Rabu, 14 November 2018 -

 

 

Pemkab Serang Optimalkan Imanusisai Difteri

Nasional  -  Kamis, 18 Oktober 2018, 12:38 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi. ISTIMEWA

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang terus berupaya mengoptimalkan imunisasi difreti guna mencegah penyebaran penyakit itu di daerah tersebut.

Kepala Seksi Surveilan Imunisasi dan Krisis Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Dadang Supriatna, di Serang, Kamis (18/10), mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Puskesmas dalam melakukan imunisasi difteri.

"Koordinasi dengan Puskesmas terus kami lakukan karena masih ada anggapan negatif di masyarakat, bahkan ada sebagian masyarakat yang anti terhadap vaksin," katanya.

Dadang menjelaskan, banyaknya informasi atau isu hoaks yang beredar dan langsung ditanggapi negatif oleh masyarakat merupakan hambatan bagi petugas di lapangan.

"Kendala bagi kami adalah masih ada di masyarakat yang terprovokasi isu negatif tentang keberadaan vaksin, bahkan ada masyarakat yang mempertanyakan tentang halal atau haramnya vaksin," ujarnya.

Dadang juga menjelaskan petugas yang ada sebanyak 7.524 kader yang sudah terlatih dan 1.540 posyandu di 326 desa yang ada di Kabupaten Serang.

Data yang diterima Dinas kesehatan Kabupaten Serang pada 2017 ditemukan 31 kasus difteri dan tiga orang mengalami kematian.

Sedangkan pada 2018 ditemukan 38 kasus difteri, dan dua orang diantaranya meninggal dunia.

"Dengan data temuan kasus tersebut dinas kesehatan terus berupaya untuk melakukan sosialisasi guna menekan tingkat kematian," kata Dadang.[]

PemkabSerangBantenDifteri

 

 

Baca Juga