Sabtu, 14 Desember 2019

 

 

Nasional Daerah

Mensos: Listrik Sulteng Sudah Normal 100 Persen

Ahmad Fiqi Purba
Jumat, 19 Oktober 2018 16:16 WIB

Mensos: Listrik Sulteng Sudah Normal 100 Persen
Pekerja memasang jaringan kabel ke tower milik PT PLN Persero yang akan dialiri listrik dari PLTU IPP 3 Kendari, di Desa Langgea, Ranomeeto, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Jumat (19/10/2018). ANTARA FOTO/Jojon/foc.

SOKSINEWS.COM, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan kini kelistrikan di Sulawesi Tengah (Sulteng) sudah normal kembali, pascabencana gempa yang disertai tsunami dan likuifaksi.

"Pemulihan listrik sangat cepat. Hari ini 100 persen sudah beroperasi, full," katanya di Batam, Jumat (19/10).

Pemulihan listrik sudah dimulai tiga hari setelah bencana. Tim kelistrikan langsung bergerak dengan berabagi upaya, memastikan daerah itu tidak gelap gulita.

Selain listrik, penyaluran bahan bakar minyak di sana juga sudah mulai normal kembali.

"BBM juga sama. Kami melihat 'progress'-nya dalam setiap kunjungan. Pada kunjungan ke 2 dan ke 3, masyarakat mengatri BBM sampai mengular berkilometer. Sekarang sudah tidak ada antrian," jelasnya.

Begitu pula dengan masalah telekomunikasi. Ia menyebutkan kini masyarakat sudah tidak menemukan kendala untuk berkomunikasi jarak jauh dengan kerabat dari dan ke luar Sulteng.

Menurut dia, percepatan pemulihan listrik, BBM dan telekomunikasi itu menandakan kehidupan masyarakat Sulteng sudah mulai pulih.

"Percepatan itu memberi suatu signal, dampak masyarakat, bahwa ekonomi di Sulteng sudah berjalan," katanya.

Pemulihan bencana di Sulteng berlangsung relatif cepat, dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, termasuk dunia internasional. Dalam waktu kurang dari 2 pekan, semua sistem dalam pengelolaan bencana bisa sejalan dan berjalan dengan baik.

Agus juga mengimbau seluruh pengungsi yang keluar dari Sulteng segera kembali ke daerahnya, untuk bersama-sama menghidupkan Palu, Sigi dan Donggala paskagempa yang disertai tsunami dan likuifaksi.

"Kami menghimbau pengungsi yang ke luar dari Sulteng, kembali lagi. Mari bangun Sulteng bersama-sama," pungkasnya.[]

Berita Lainnya

PPATK Dalami Rekening Kasino di Luar Negeri Milik Sejumlah Kepala Daerah

SOKSINEWS.COM, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) rupanya tengah menelusuri jejak-jejak transaksi keuangan . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

Sofyan Djalil Bagikan 3.025 Sertifikat Tanah di Kalsel

SOKSINEWS.COM, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) membagikan 3.025 sertifikat tanah ke warga . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

Ditangkap, Buronan Kasus Narkoba Coba Suap Petugas Imigrasi Rp 2 Miliar!

SOKSINEWS.COM, Petugas Imigrasi yang bertugas di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara menangkap seorang buronan kasus narkoba inisial . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

PA 212 Minta Kasus Sukmawati-Muwafiq Diproses, Akan Demo Lagi Jika Mangkrak

SOKSINEWS.COM, Massa aksi demonstrasi di Mabes Polri meminta polisi untuk melanjutkan proses hukum dari Sukmawati Soekarnoputri . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

Bamsoet: Wacana Lain Amandemen UUD 1945 di Luar GBHN Bukan dari MPR

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan bahwa rencana amandemen UUD 1945 guna untuk menghadirkan pokok-pokok . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019