Kamis, 15 November 2018 -

 

 

Paparkan 4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, Wiranto: Indek Demokrasi Berjalan Baik

Nasional  -  Kamis, 25 Oktober 2018, 12:43 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Menko Polhukam Wiranto (kedua kiri) bersama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kiri), Mendagri Tjahjo Kumolo (kedua kanan) dan Menlu Retno Marsudi (kanan) menjadi pembicara dalam diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Kantor Kemensetneg, Jakarta, Kam

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyebut indeks demokrasi di Indonesia selama empat tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla berjalan dengan baik.

"Ada kenaikan. Ini artinya ada perbaikan dalam kehidupan politik nasional kita," kata Wiranto dalam acara paparan capaian Empat Tahun Kinerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla di Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (25/10).

Menurut dia, kenaikan indeks demokrasi di Indonesia ini menunjukkan adanya upaya perbaikan yang terus menerus dilakukan pemerintah dalam bidang politik.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada 2017, angka Indikasi Demokrasi Indonesia atau IDI 2017 mencapai angka 72,11 dalam skala 0 sampai 100. Angka ini meningkat dibandingkan angka IDI 2016 yang sebesar 70,09.

"Ada 26 indikator dapat dijamin bahwa demokrasi di Indonesia terjadi dengan baik," kata mantan Panglima TNI ini.

Purnawirawan Jenderal bintang empat ini tak menampik terdapat sejumlah indikator pada indeks demokrasi yang mengalami penurunan. Namun, pemerintah Jokowi-JK Wiranto bisa mengendalikannya.

"Stabilitas politik naik turun. Tetapi, nggak sampai mendidih," ucapnya.

Indikator penyebab turunnya indeks demokrasi, seperti penggunaan fasilitas negara untuk kandidat, laporan kegiatan PNS mendukung parpol, netralitas ASN digembar-gemborkan.

Hadir dalam pemaparan itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Wakapolri Komjen Pol Ari Dono, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menpan RB Syafruddin, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menkum HAM Yasonna Laoly dan Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko.[]

MenkopolhukamWirantoJokowi-JK

 

 

Baca Juga