Senin, 21 Oktober 2019 -

 

 

Pemkab Tapanuli Selatan Kembangkan Aneka Tanaman Buah di Sejumlah Kecamatan

Nasional  -  Kamis, 25 Oktober 2018, 13:31 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Kantor Bupati Tapanuli Selatan. ISTIMEWA

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, mulai mengembangkan aneka tanaman buah di sejumlah kecamatan yang diharapkan ke depannya dapat semakin meningkatkan taraf perekonomian petani di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian Tapanuli Selatan Bismark Martua Siregar, melalui Kabid Hortikultura Pertanian Anuar Aidin di Sipirok, Kamis (25/10), mengatakan aneka tanaman buah mulai dikembangkan di daerah itu seperti jeruk, durian, dan manggis, mengingat potensi yang menjanjikan dari komoditas tersebut.

"Ada sekitar 4.000 bibit jeruk, durian dan manggis yang aqnggaran pengadaannya dialokasikan lewat APBD Provinsi Sumut tahun 2018 ini," katanya.

1.000 bibit jeruk untuk para petani atau kelompok tani di dua titik lokasi di Kecamatan Sipirok, 1.000 bibit durian untuk empat titik lokasi di Kecamatan Angkola Timur dan Sipirok Dolok Hole.

" Sebanya 2.000 batang manggis dikembangkan di empat titik lokasi di Kecamatan Sipirok, Angkola Selatan dan Angkola Timur," katanya.

Menurut dia, wilayah-wilayah kecamatan tersebut sejak lama sudah dikenal sebagai penghasil komoditi jeruk, manggis dan durian serta lainnya di Tapanuli Selatan, sehingga program pengembangan aneka tanaman buah itu pilihan tepat.

"Kita berharap beberapa waktu ke depan perekonomian petani di daerah itu dapat semakin meningkat sejalan dengan adanya bantuan pemerintah provinsi itu," katanya.

Pada bagian lain ia juga menyampaikan saat ini cabai merah juga dikembangkan di sejumlah kecamatan di daerah itu seperti Kecamatan Sipirok, Angkola Selatan, Batang Angkola, Angkola Timur, Angkola Barat, SD. Hole, Marancar, dan Kecamatan Arse, Angkola Selatan, Arse, Sayur Matinggi, Sipirok, Muara Batangtoru, dan Kecamatan Tantom Angkola.

Wilayah-wilayah tersebut dinilai cocok untuk pengembangan tanaman hortikultura seperti tanaman cabai merah, dan lainnya.

"Harapannya bantuan tersebut dapat berkembang serta meningkatkan pendapatan petani dalam rangka mendukung visi misi pasangan bupati dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sehat cerdas dan sejahtera," katanya.[]
 

Pemkab Tapanuli SelatanSumatera Utara

 

 

Baca Juga