Minggu, 16 Juni 2019 -

 

 

Misbakhun Salurkan Bantuan Alsintan Untuk Kelompok Tani

Nasional  -  Jumat, 26 Oktober 2018, 17:37 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Anggota DPR RI Komisi XI Fraksi Golkar Mukhamad Misbakhun yang juga mencalonkan diri kembali menjadi legislatif di Dapil Jawa Timur II (Pasuruan, Probolinggo). Foto: ISTIMEWA

SOKSINEWS.COM, Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun menyalurkan peralatan mesin pertanian dan perkebunan (Alsintan) kepada beberapa kelompok tani di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (26/10), menyebutkan, bantuan Alsintan tersebut dari beberapa direktorat jenderal di Kementerian Pertanian, antara lain, Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, serta Direktorat Jenderal Perkebunan Kementan.

Penyaluran Alsintan kepada kelompok tani dan gabungan kelompok tani, diselenggarakan di Balai Benih Pertanian di Desa Sukodadi, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Hadir pada acara tersebut antara lain, Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Sumarjo Gatot Irianto, Anggota IV Badan Pemeriksa Keungan (BPK) RI Rizal Djalil, serta Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari.

Adapun Alsintan yang disalurkan antara lain, traktor roda dua sejumlah 45 unit yakni singkal 15 unit dan rotary 30 unit, pompa air sebanyak 15 unit, kultivator 10 unit, hand sprayer elektrik 50 unit, alat tanam jagung 50 unit, benih tembakau 20 kg yang setara dengan 1.700 hektar pengembangan, timbangan digital 1 unit, pompa air 1 unit, dan 25 buah terpal.

Misbakhun saat menyampaikan sambutannya mengatakan, gabungan kelompok tani (gapoktan) penerima Alsintan agar merawat bantuan dari Pemerintah pusat itu.

"Saya berharap agar Gapoktan melakukan perawatan terhadap alat dan mesin yang diberikan," pintanya.

Politisi Partai Golkar ini menegaskan, penyaluran bantuan itu merupakan bentuk komitmennya pada para petani di daerah pemilihannya di Kabupaten/Kota Pasuruan serta Kabupaten Probolinggo. Karena itu, Misbakhun mengharapkan, para petani penerima bantuan bisa memanfaatkannya sebaik mungkin.

"Ini adalah komitmen saya, di daerah pemilihan saya di Probolinggo-Pasuruan. Bantuan ini harus digunakan pada gabungan kelompok tani dan jangan digunakan oleh kepala Gapoktannya saja," pinta Misbakhun.

Dalam kesempatan itu, Misbakhun juga memuji Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari yang dinilai cantik dan mengerti kebutuhan masyarakat petani di Porbolinggo.

 "Saya pastikan tidak salah telah memilih beliau sebagai bupati yang kedua. Beliau juga termasuk sebagai deretan bupati cantik di Indonesia. Karena kalau dihitung dari bupati perempuan, tidak sedikit yang mempunyai kelebihan dari sisi kecantikan, kepandaian dan kepemimpinan,"kata Misbakhun memuji.

Sedangkan, Bupati Tantri dalam sambutannya mengatakan, mayoritas warga di Kabupaten Probolinggo merupakan petani dan hasil panen petani dijual ke derah lain, seperti bawang.

Bupati Tantri juga sempat berkelakar, Misbakhun yang kembali menjadi calon legislator untuk DPR dari Partai Golkar di daerah pemilihan Pasuruan dan Probolinggo.

"Jadi tolong diingat ya nanti Pak Misbakhun dari Partai Golkar nomor urut satu," ujar Bupati Tantri sambil tertawa," katanya.[]

Mukhamad MisbakhunPetaniGapoktanPasuruan Probolinggo

 

 

Baca Juga