Selasa, 21 Januari 2020

 

 

Ekonomi

PT Pertamina Serahkan Bantuan BBM Bantu Proses Evakuasi Korban Lion Air JT 610

Ahmad Fiqi Purba
Rabu, 31 Oktober 2018 12:49 WIB

PT Pertamina Serahkan Bantuan BBM Bantu Proses Evakuasi Korban Lion Air JT 610
Awak kapal Pertamina mengamati serpihan pesawat Lion Air bernomor penerbangan JT-610 rute Jakarta-Pangkalpinang yang jatuh di laut utara Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018). ANTARA FOTO/HO-Pertamina/aww.

SOKSINEWS.COM,  PT Pertamina (Persero) menyerahkan bantuan bahan bakar minyak (BBM) kepada Badan SAR Nasional (Basarnas) untuk membantu kelancaran pencarian korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 pada Senin (29/10) di perairan laut Karawang, Jawa  Barat.

Manajer Unit Communication & CSR MOR III Pertamina Dian Hapsari Firasati mengatakan BBM tersebut akan digunakan tim Basarnas sebagai bahan bakar kendaraan kapal-kapal yang beroperasi dalam pencarian dan evakuasi tersebut.

"Bantuan kami kirimkan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan Basarnas. Hingga saat ini total sudah ada 6,6 kiloliter Pertamax yang kami serahkan," kata Dian melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (31/10).

Dian menambahkan bantuan BBM tersebut akan digunakan untuk bahan bakar sebanyak 24 kapal operasional Basarnas. Bantuan diserahkan oleh tim Industrial Fuel Marketing MOR III kepada perwakilan Basarnas di area Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Rabu (31/10).

"Kami upayakan maksimal untuk membantu proses pencarian," katanya.

Proses pencarian dan evakuasi korban jatuhnya pesawat LION JT 610 masih berlangsung hingga saat ini. Pertamina turut berbelasungkawa dan berharap proses pencarian dan evakuasi berlangsung lancar.

Ada pun Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Nugroho Budi Wiryanto di Jakarta, Selasa (30/10), mengatakan Basarnas melakukan perluasan wilayah pencarian menjadi 15 mil laut dari titik mula pesawat diperkirakan hilang. Nugroho mengatakan Rabu (31/10) merupakan hari ketiga pencarian.

"Rencana besok kami perluas di hari ketiga. Hari pertama radius pencarian 5 nautical mile, kedua 10 nautical mile dan besok 15 nautical mile," kata dia.

Pencarian pada hari Rabu juga akan dioptimalkan sejumlah kapal jenis "multibeam echosounder" dan "sound navigation and ranging" (sonar) milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Adapun jenis kapal itu memiliki kemampuan pendeteksi bawah laut untuk membantu menemukan badan utama Lion Air JT 610.[]

Berita Lainnya

Sri Mulyani Sebut Devisit APBD 2019 RP353 Triliun

SOKSINEWS.COM, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari Januari . . .

Ekonomi Selasa, 07 Januari 2020

Banjir Kembali Landa Solok Selatan, 9 Rumah Hanyut Tersapu Air

SOKSINEWS.COM, Banjir bandang kembali melanda Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. 9 rumah hanyut, sejumlah jembatan ambruk . . .

Ekonomi Jumat, 13 Desember 2019

Presdir BCA: Kepercayaan Masyarakat Berawal Dari Perusahaan Solid

SOKSINEWS.COM, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja menegaskan, di tengah perkembangan teknologi . . .

Ekonomi Jumat, 13 Desember 2019

Resmikan Tol Layang Japek, Jokowi Harap Kemacetan Berkurang 30 Persen

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek II). Jokowi berharap kemacetan berkurang . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019

Menabung di Bank Sudah Biasa, Nih Cobain Alternatif Lainnya

SOKSINEWS.COM, Saat kita menyimpan uang, jangan berpikir bahwa dengan menyimpan uang di bank menjadi jalan kamu untuk mencapai . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019