Rabu, 13 November 2019

 

 

Nasional Politik

Ma'ruf Amin: Naiknya Elaktibilatas Kami di Jawa Barat Berkat Komunikasi Santun Selama Kampanye

Ahmad Fiqi Purba
Rabu, 07 November 2018 10:26 WIB

Ma'ruf Amin: Naiknya Elaktibilatas Kami di Jawa Barat Berkat Komunikasi Santun Selama Kampanye
Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin (kiri) bersalaman dengan Sekretaris Tim Kampanye Nasional Hasto Kristiyanto saat meluncurkan Rumah Aspirasi Rakyat #01 di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (4/11/2018). Tempat tersebut sebagai wadah relawan dan masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatan positif sekaligus sebagai posko pemenangan pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.

SOKSINEWS.COM, Cawapres RI Ma'ruf Amin mengatakan naiknya elektabilitas Jokowi dan dirinya di Jawa Barat merupakan buah dari kinerja Jokowi serta komunikasi santun yang dilakukan selama masa kampanye.

"Pertama itu tentu berkat apa yang dilakukan pak Jokowi selama periode pertama, ada kemaslahatan dan kemanfaatan yang dirasakan. Selain itu, berkat dukungan para ulama, lalu karena komunikasi kami dengan cara santun, tidak memaki," kata Ma'ruf Amin seusai menerima ulama se-Jakarta Pusat di kediaman Situbondo, Jakarta, Rabu (7/11) pagi.

Komunikasi dalam kampanye yang dilakukan Jokowi dan dirinya adalah dengan cara menyapa dan mengajak dengan tutur kata yang santun. Hal itu menurut Ma'ruf membuat masyarakat menjadi simpati.

"Jadi, itu mungkin yang menjadikan mereka simpati. Jadi, terima kasih kalau elektabilitasnya tinggi," ujar Ma'ruf.

Terkait dengan adanya sejumlah wilayah di Jawa Barat yang menjadi basis utama salah satu partai pendukung Pasangan Calon Presiden/Wakil Presiden RI Prabowo Subianto/Sandiaga Uno, Ma'ruf mengatakan bahwa dirinya bersama Jokowi siap berkompetisi secara sehat.

"Saya kira kita berlomba saja menarik masyarakat dengan cara santun, cara baik," terangnya.

Dalam survei yang dilakukan lembaga Indopolling Network di Jawa Barat selama 9 s.d. 15 Oktober 2018, pasangan Jokowi/Ma'ruf unggul tipis dari kompetitornya Prabowo/Sandi.

Jokowi/Ma'ruf memeroleh 27 persen suara, sementara Prabowo/Sandi memeroleh 21,4 persen suara.

Keunggulan Jokowi/Ma'ruf di Jawa Barat ini menarik perhatian, lantaran pada Pilpres 2014 perolehan suara Jokowi kalah oleh Prabowo di provinsi tersebut.[]

Berita Lainnya

Pegamat: Prabowo Cerdas Tak Ungkap Rincian Anggaran Secara Terbuka

SOKSINEWS.COM,  Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menilai Menteri Pertahanan Prabowo Subianto . . .

Nasional Rabu, 13 November 2019

Pimpinan MPR Dan Surya Paloh Bahas Amandemen UUD 1945

SOKSINEWS.COM, Pertemuan antara pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Kantor . . .

Nasional Rabu, 13 November 2019

Ahok Kemungkinan Akan Jadi Dirut PLN Atau Inalum

SOKSINEWS.COM, Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Rabu pagi (12/11) mendatangi kantor Kementerian BUMN untuk . . .

Nasional Rabu, 13 November 2019

Sulut Dorong IKM Produksi Minyak Goreng Kelapa Dalam

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mendorong pelaku industri kecil menengah (IKM) di daerah tersebut agar . . .

Nasional Rabu, 13 November 2019

Pramono: Presiden Sudah Putuskan Posisi Jam

SOKSINEWS.COM, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, Presiden Joko Widodo sudah menggelar rapat untuk memutuskan beberapa . . .

Nasional Rabu, 13 November 2019