Kamis, 15 November 2018 -

 

 

RS Kantongi 70 Data Gigi Korban Lion Air JT 610

Nasional  -  Rabu, 07 November 2018, 16:40 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri memeriksa jenazah korban jatuhnya pesawat Lion Air bernomor registrasi PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 yang baru tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (1/11/2018). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/ama.

SOKSINEWS.COM, Kepala Laboratorium dan Klinik Odontologi Kepolisian, Kombes Pol drg.Agustinus MHT mengatakan pihaknya baru berhasil mengantongi 70 data gigi korban Lion Air JT 610.

"Dari 189 keluarga penumpang yang sudah melapor dan melakukan identifikasi, hanya ada 70 data gigi (dental record) yang berhasil didapatkan, selebihnya tidak pernah melakukan perawatan gigi," ujar Kombes Agus di Jakarta, Rabu (7/11).

Pihaknya mencatat setiap "body part" yang terkait dengan gigi, rahang, bentuknya maupun warnanya, serta segala intervensi yang terjadi di gigi seperti tambalan, behel, dan lain-lain untuk kemudian disandingkan dengan data antemortem.

Kendala yang ditemui penyidik dari Odontologi yaitu tidak utuhnya gigi korban, tidak lengkapnya catatan gigi korban dan kurang jelasnya foto gigi korban yang seharusnya dapat dijadikan data sekunder.

Meski begitu, tim Odontologi memiliki peran besar dalam menentukan gender, usia, dan ras namun belum bisa menentukan individu secara langsung.

"Dari 'body part' minimal kami bisa memperkirakan usia korban, gender, misalnya pria lebih rata tulang rahangnya, sudut rahangnya agak kurus, sedangkan wanita lebih landai," jelas Kombes Agus.
 

Lion Air JT 610

 

 

Baca Juga