Rabu, 14 November 2018 -

 

 

BPBD Mandailing Natal Turunkan Alat Berat Bersihkan Jalan Panyabungan-Natal Tertimbun Longsor

Nasional  -  Kamis, 08 November 2018, 14:51 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Masyarakat Bantu Bersihkan Longsor Timbun jakses jalan Panyabungan-Natal. Foto: FB/Irul AldiRa Rangkuty

SOKSINEWS.COM, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, dan instansi terkait telah membersihkan jalan provinsi penghubung Panyabungan - Natal yang tertimbun tanah longsor.

"Alat berat dan perlengkapan lainnya telah dikerahkan untuk membersihkan tanah longsor yang menutupi badan jalan tersebut," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mandailing Natal, Muhammad Yasir Nasution, dihubungi dari Medan, Kamis (8/11).

Tingginya curah hujan, menurut dia, penyebab terjadi tanah longsor dari pegunungan dan menutup ruas jalan Provinsi penghubung Panyabungan - Natal di wilayah Pantai Barat Sumatera.

"Peristiwa tanah longsor itu, Rabu (7/11) sekira pukul 08.00 WIB, berlokasi di Aek Milas Kelurahan Tanobato, Kecamatan Panyabungan Selatan," ujar Yasir.

Ia mengatakan, akibat tanah longsor itu, arus lalu lintas mobil dan truk di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) mengalami kemacetan.

Tanah longsor tersebut, menutup badan jalan sepanjang lebih kurang 50 meter.

"Petugas BPBD Mandailing Natal dan Dinas PUPR dibantu masyarakat setempat telah membersihkan material badan jalan dengan menggunakan alat berat," ucap dia.

Yasir berharap dengan dibersihkannya meterial yang menumpuk di badan jalan tersebut, arus tranfortasi di daerah itu kembali lancar seperti biasanya.

Apalagi, jalan Panyabungan - Natal tersebut juga merupakan jalan menuju ke Padang, Provinsi Sumatera Barat.

"Para pengemudi mobil dan masyarakat juga diharapkan agar berhati-hati di jalan raya mengingat cuaca saat ini sering terjadi hujan lebat dan tanah longsor," kata Kepala Pelaksana BPBD Mandailing Natal itu.[]

BPBDMandailing NatalSumatera UtaraLongsor

 

 

Baca Juga