Rabu, 14 November 2018 -

 

 

Mantan Bupati Semarang Terancam 2 Tahun Buih

Nasional  -  Jumat, 09 November 2018, 16:16 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Mantan bupati Semarang Siti Ambar Fathonah menjalani sidang di PN Ungaran, Jumat (9/11 - 2018). Foto: Antra/I.C.Senjaya.

SOKSINEWS.COM, Mantan Bupati Semarang, Jawa Tengah, Siti Ambar Fathonah terancam pidana penjara setinggi-tingginya 2 tahun dalam dugaan pelanggaran pidana pemilu menyusul pemberian sejumlah uang dari calon legislator Partai Golkar tersebut pada sebuah pergelaran wayang kulit.

Jaksa Penuntut Umum Raharjo Budi Kisnanto yang menangani perkara tersebut usai sidang di Pengadilan Negeri Ungaran, Jumat (9/11), mengatakan, Ambar Fathonah dijerat dengan Pasal 521 atau 523 Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Pasal itu ancaman hukumannya setinggi-tingginya 2 tahun, denda Rp24 juta," katanya.

Penuntut umum sendiri telah menyiapkan 16 saksi, tiga di antaranya merupakan ahli.

"Ada tiga, ahli bahasa, ahli pidana dan ahli dari KPU," tambahnya.

Adapun bukti-bukti yang disiapkan, menurut dia, antara lain berupa bukti surat, uang, serta rekaman video.

Ia menjelaskan rekaman video saat pembangian uang yang dilakukan oleh caleg DPRD Provinsi Jawa Tengah itu berasal dari anggota Bawaslu yang ada di lokasi.

Ia memastikan video berdurasi 15 menit tersebut sah digunakan sebagai alat bukti.

Sebelumnya, Mantan Bupati Semarang Siti Ambar Fathonah diadili atas dugaan pelanggaran pidana pemilu di Pengadilan Negeri Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, menyusul pemberian sejumlah uang pada sebuah pergelaran wayang kulit.[]

Bupati SemarangSiti Ambar Fathonah

 

 

Baca Juga