Senin, 10 Desember 2018 -

 

 

Tim Penyelam Temukan Kapal Tug Boat Milik PT Garda Tenggelam dalam Posisi Miring

Nasional  -  Rabu, 14 November 2018, 14:09 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ilustrasi Penyelaman

SOKSINEWS.COM, Tim penolong dan pencarian gabungan Basarnas dan TNI melanjutkan pencarian terhadap kapal tunda Fontunsius 101 milik PT Garda yang tenggelam saat lego jangkar di Perairan Pulau Bunyu, Kalimantan Utara, Senin (12/11) dini hari.

Pada hari kedua pencarian itu, tim menyelam ke dasar laut untuk menentukan posisi kapal dan mencari kedua anak buah kapal (ABK) yang terjebak di dalamnya.

Komandan Regu/SAR Driver Penyelaman, Iwan Kurniawan, Selasa mengatakan, penyelam sebanyak empat orang terdiri dua orang dari Basarnas dan dua personil TNI AL Lantamal XIII Tarakan.

Pencarian hari kedua dengan penyelaman ini diketahui posisi kapal "tug boat" miring ke kiri sedangkan satu ABK bernama Nasir Asik (juru mudi) masih berada dalam kamar karena sedang tertidur.

"Posisi kapal miring ke kiri dan satu ABK masih terjebak dalam kamar karena tertidur saat tenggelam," kata Iwan Kurniawan.

Penyelaman dilakukan dua kali yakni pukul 09.00 sampai 10.00 Wita dan pukul 15.00 sampai 16.00 Wita.

Selama penyelaman, tim SAR mengalami kendala karena arus air yang cukup deras pada kedalaman 12-15 meter.

"Jadi, kendala yang dialami regu penyelam karena arus air deras," ungkap Iwan.

Di kapal "tug boat" tersebut terdapat dua dum truk yang sulit dilepas karena melekat pada badan kapal.

Rencananya pada hari ketiga (15/11) pencarian direncanakan memotong rantai dum truk tersebut agar dapat diangkat terlebih dahulu.

Sebelum dilakukan penyelaman, tim SAR terlebih dahulu melakukan pengarahan dengan semua unsur SAR membahas masalah teknis pencarian.[]

Kapal TenggelamPT GardaTug Boat

 

 

Baca Juga