Minggu, 25 Agustus 2019 -

 

 

Rupiah Pagi Ini Dibuka Seiring Sentimen Positif Domestik

Ekonomi  -  Kamis, 15 November 2018, 10:39 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Petugas menghitung mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu tempat penukaran uang di Jakarta, Selasa (9/10). Rupiah terus melemah terhadap terhadap dolar AS hingga ke posisi 15.238, atau melemah 20 poin (0,13 persen) dibandingkan Senin (8/10) sore yang masih berada di level Rp15.218 per dolar AS. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/kye/18

SOKSINEWS.COM, Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar USD Kamis (15/11) pagi ini dibuka menguat.

Mata uang garuda pagi ini dibuka menguat lima poin seiring sentimen positif domestik menjadi Rp14.760 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.765/USD.

"Penguatan rupiah kembali terjadi seiring masih kuatnya sentimen positif dari dalam negeri," ujar Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada di Jakarta, Kamis.

Ia mengemukakan beberapa kabar positif dari dalam negeri itu, di antaranya kredit konsumsi hingga kuartal tiga 2018 yang tumbuh, pertemuan Presiden RI Joko Widodo dengan sejumlah petinggi negara dalam KTT ASEAN, hingga prediksi Kadin terhadap neraca perdagangan Indonesia di bulan Oktober yang kembali surplus.

"Pasar berharap, KTT ASEAN dapat membawa sejumlah kerja sama yang memberikan nilai tambah bagi ekonomi nasional," katanya.

Sementara itu, Ekonom Samuel Sekuritas Ahmad Mikail mengatakan dolar AS melemah terhadap sejumlah mata uang dunia, terutama euro dan pound sterling didorong ekspektasi disahkannya draft perjanjian Brexit dan perkiraan disetujui draft APBN Italia oleh komite Uni Eropa.

"Rupiah juga diuntungkan dari pelemahan dolar AS akibat sentimen Eropa itu," katanya.

RupiahDolar USD

 

 

Baca Juga