Kamis, 24 Oktober 2019 -

 

 

Rupiah Pagi Ini Melemah Seiring Pergerakan Mata Uang Asia

Ekonomi  -  Rabu, 21 November 2018, 10:46 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Petugas menghitung mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu tempat penukaran uang di Jakarta, Selasa (9/10). Rupiah terus melemah terhadap terhadap dolar AS hingga ke posisi 15.238, atau melemah 20 poin (0,13 persen) dibandingkan Senin (8/10) sore yang masih berada di level Rp15.218 per dolar AS. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/kye/18

SOKSINEWS.COM, Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar USD pagi ini Rabu (21/11) dibuka melemah.

Mata uang garuda pagi ini melamah tiga poin menjadi Rp14.602/USD mengikuti pelemahan mata uang Asia.

Ekonom Samuel Aset Manajemen, Lana Soelistianingsih di Jakarta, Rabu (21/11), mengatakan mata uang kuat Asia seperti dolar Hong Kong dan dolar Singapura yang bergerak melemah terhadap dolar AS menjadi sentimen negatif bagi pergerakan rupiah.

"Rupiah diproyeksikan akan bergerak menuju kisaran antara Rp14.590-Rp14.610 per dolar AS dengan tetap dalam penjagaan Bank Indonesia," katanya.

Saat ini, ia menambahkan, pelaku pasar uang di dalam negeri sedang mencermati paket kebijakan ekonomi jilid XVI dan revisi daftar negatif investasi (DNI).

"Efektivitas paket kebijakan itu mendapat tantangan ketika peringkat Kemudahan Berusaha (Ease of Doing Business EODB) dari survey Bank Dunia untuk tahun 2019 mencatat penurunan peringkat dari 72 menjadi 73," katanya.

Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada menambahkan pelemahan rupiah relatif terbatas seiring penilaian pelaku pasar terhadap ekonomi Amerika Serikat kemungkinan belum akan bertumbuh signifikan.

"Situasi itu tentunya membuat inflasi di AS juga tidak akan melonjak, yang pada akhirnya The Fed mengurangi agresifitasnya terhadap kenaikan suku bunganya," katanya.[]

RupiahUSD

 

 

Baca Juga