Jumat, 19 April 2019 -

 

 

Menkeu: Jateng Peringkat Enam Destinasi Investasi

Ekonomi  -  Rabu, 12 Desember 2018, 14:34 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan sambutan pada peluncuran ekosistem digital pembayaran ultra mikro (UMI) di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta, Selasa (11/12/2018). Peluncuran ekosistem program pembiayaan kredit untuk pengusaha ultra mikro berbasis digital yang menggandeng sejumlah lembaga keuangan digital tersebut untuk mendukung uji coba digitalisasi penyaluran pembiayaan kredit UMI guna mendorong percepatan realisasi keuangan inklusif di Indonesia. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/kye.

SOKSINEWS.COM, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Jawa Tengah menduduki peringkat keenam sebagai destinasi investasi di Indonesia.

"Wilayah di Jawa Tengah diharapkan bisa berlomba-lomba meningkatkan iklim investasi," kata Sri Mulyani saat menjadi pembicara dalam Seminar "Prospek Bisnis dan Investasi Jawa Tengah 2019" di Semarang, Rabu (12/12).

Menurut dia, Jawa Tengah potensi besarnya perlu meningkatkan peringkatnya sebagai destinasi investasi yang ramah investor.

Ia menyebut jumlah penduduk Jawa Tengah yang besar merupakan salah satu potensi yang bisa dimanfaatkan.

Adapun upaya yang harus dilakukan untuk menarik minat investor antara lain perbaikan kebijakan, pelayanan terpadu satu pintu, serta reformasi birokrasi.

"Tingkatkan pelayanan agar investor merasa 'welcome'," katanya.

Kemampuan untuk menarik modal ke Jawa Tengah, lanjut dia, merupakan salah satu upaya untuk memperbaiki instrumen APBD.

Ia juga menyoroti kualitas APBD yang masih bervariasi antara satu daerah dengan yang lain.

Banyak daerah, lanjut dia, anggaran belanjanya habis untuk gaji pegawai yang rata-rata mencapai 36 persen.[]

MenkeuSri MulyaniInvestasiJawa Tengah

 

 

Baca Juga