Selasa, 21 Mei 2019 -

 

 

Lalin di Tol Tangerang-Merak Diprediksi Naik 2,55 Persen Saat Libur Natal

Nasional  -  Selasa, 18 Desember 2018, 09:39 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

PT Marga Mandalasakti memprediksi adanya peningkatan volume kendaraan pada libur natal 2018 dan tahun baru 2019 mencapai 2,55% atau 140.000 unit kendaraan per hari. Foto/Istimewa

SOKSINEWS.COM, Astra Tol Tangerang-Merak memprediksikan volume lalu lintas akan mengalami kenaikan sebesar 2,55 persen saat libur Natal dan Tahun Baru, dibandingkan lalu lintas harian rata-rata.

"Prediksi kami saat puncak libur Natal tanggal 21-22 Desember serta 29-30 Desember puncak libur tahun baru akan mencapai 140.000 kendaraan per hari," kata Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti, Krist Ade Sudiyono di Tangerang, Banten, Selasa (18/12).

Terkait hal itu, Krist mengatakan telah melakukan antisipasi dengan menyiapkan empat layanan mulai dari informasi pariwisata, kecepatan transaksi, kesiapan jalan, dan layanan pendukung lainnya sejak tanggal 15 Desember 2018 sampai dengan 6 Januari 2019. 

"Kita telah membentuk satuan tugas yang dinamakan "Duta Layanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang nantinya mempunyai peran masing-masing dalam memberikan empat pelayanan tersebut," kata Krist.

Sebagai gambaran untuk duta layanan wisata bertugas memberikan informasi mengenai destinasi wisata di sepanjang jalan tol Tangerang-Merak mulai dari penunjuk arah dan jarak tempuh melalui media informasi yang disiapkan, jelas Krist.

"Kami punya kolom khusus melalui laman resmi www.margamandala.co.id untuk informasi pariwisata, selain memanfaatkan media sosial Instagram @astratoltamer dan Twitter @tol_mms, juga dibagikan peta wisata serta informasi di sepanjang perjalan melalui layanan variable message sign (VMS)," ujar Krist.

Kemudian untuk transaksi telah dipersiapkan sebanyak 10 gerbang tol dengan mengoptimalkan operasional 89 gardu regular, 7 gardu reversible dan 5 gardu tandem yang terdiri atas 23 Gardu Tol Otomatis terdiri dari 12 GTO Entrance, 9 GTO Exit, 2 GTO Ramp. Selain itu kami juga memperkuat petugas layanan transaksi sebanyak 377 orang untuk melayani pengguna jalan. Tersedia juga pengisian saldo uang elektronik di setiap kantor gerbang dan pengisian tunai di Gerbang Tol Cikupa dan Serang Timur khusus pada gardu jalur paling kiri.

Kemudian untuk jalan, jelas Krist Astra Tol Tangerang-Merak telah merampungkan pekerjaan pelebaran lajur ke empat dari Cikupa s.d Balaraja sepanjang 7,45 kilometer. Juga melakukan pelapisan ulang jalan (overlay) di beberapa titik seperti Kilometer 73+26 sampai dengan Kilometer 77+782 dan Kilometer 87+539 sampai dengan Kilometer 83+039. 

"Menjelang H-10 periode libur Natal dan Tahun Baru dipastikan tidak ada pekerjaan di lajur utama, gerbang dan akses. Meski demikian kami tetap menghimbau pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan waspada pada area pekerjaan," ujar Krist.

Untuk pelayanan lalu lintas akan dilibatkan lebih dari ratusan petugas berikut armadanya terdiri atas 64 patroli, 61 personel derek, 15 petugas medis, dan 15 petugas sentra informasi dan komunikasi monitoring tol siaga selama 24 jam, serta turut didukung oleh 37 personel Patroli Jalan Raya (PJR).

Kemudian untuk layanan pendukung, juga telah dipersiapkan sebanyak 4 unit ambulance, 1 unit rescue truck, 7 Unit kendaraan patroli, 15 armada derek, 3 unit armada Kamtib, 2 unit skylift crane, 2 unit tangki air. Peningkatan layanan juga dilakukan di empat lokasi Tempat Istirahat yaitu Kilometer 43 dan Kilometer 68 arah Merak, Kilometer 68 dan Kilometer 45 arah Jakarta. Serta berkoordinasi dengan pihak bank dalam menyediakan layanan gerak penjualan dan pengisian ulang kartu elekronik.

Dengan kencenderungan tren lalu lintas libur yang didominasi para pengguna jalan yang akan berwisata ke sejumlah destinasi wisata di Banten, Astra Tol Tangerang-Merak akan mempersiapkan manajemen lalu lintas yang bersifat situasional sesuai dengan situasi dan kondisi untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan.

"Jika terjadi kepadatan di Gerbang Tol Cilegon Barat maka akan dialihkan ke Gerbang Tol Cilegon Timur, begitu juga apabila terjadi lonjakan kendaraan di wilayah Serang Timur akan dialihkan ke Gebang Tol Serang Barat," tambah Krist.[]

NatalTahun BaruTol

 

 

Baca Juga