Minggu, 18 Agustus 2019 -

 

 

Pangdam IV/Diponegoro Tegaskan Netralitas TNI Hadapi Pemilu 2019 Garis Komando Atas Hingga Bawah

Nasional  -  Selasa, 15 Januari 2019, 12:32 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Pangdam IV / DIponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi. (Foto: iNews.id/Kristadi)

SOKSINEWS.COM, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI M. Effendi tegaskan netralitas TNI sudah menjadi garis dari komando atas hingga ke bawah dalam menghadapi Pemilu 2019.

"Saya garis bawahi netralitas tidak melibatkan baik personel maupun sarana prasarana yang dimiliki TNI dalam rangka proses penyelenggaraan pemilu mulai kampanye dan seterusnya," kata Pangdam usai upacara serah terima jabatan Komandan Korem 074/Warastratama, di Gedung Warastratama Surakarta, Selasa (15/1).

Pada upacara Sertijab Danrem 074/Warastratama dari pejabat lama, Brigjen TNI Widi Prasetijono, diserahkan kepada pejabat baru, yakni Kolonel Inf Rafael Granada Baay. Upacara pengambilan sumpah jabatan dilanjutkan penandatanganan pakta intergritas.

Pangdam mengatakan pihaknya sudah menekankan sebagai prajurit TNI di jajarannya pada bulan April 2019 akan dilaksanakan pesta demokrasi atau Pemilu.

"Saya sampaikan pada tahun politik ini, sesuai tugas pokok TNI yakni dengan peran dan fungsi serta tugasnya tetap bertindak netral," kata Pangdam.

Namun, kata Pangdam, TNI jika membantu mensukseskan penyelenggaraan pemilu. Misalnya, truk milik TNI ikut digunakan membantu pendistribusikan surat suara. Jadi membantu KPU, bukan salah satu peserta Pemilu TNI harus siap.

"Kami tahu masyarakat Indonesia terkenal ramah, gotong royong, dan toleran. Begitu juga masyarakat di Solo, secara khusus mereka juga akan menjaga itu," tuturnya.

Menurut Pangdam, semua masyarakatan, bagaimana dengan situasi dan kondisi apapun tetap menjaga kebhinekaan toleransi, sehingga pemilu hanya sarana atau alat untuk mencapai demokrasi.

"Kami tetap selalu waspada bukan hanya karena pemilu, tetapi sesuai dengan tugas pokok kami menjaga kedaulatan bangsa dan negara ini," ujar Pangdam.

Pangdam mengatakan pada upacara tersebut menyerahkan jabatan Komandan Korem 074/Warastratama, dan Brigjen TNI Widi Prasetijono, dipromosikan jabatan baru sebagai Komandan Korem 091/ASM Samarinda. Dan, penggantinya yakni Kolonel Inf. Rafael Granada Baay yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Rindam XIV/Hasanudin Makassar.

Pangdam IV/DiponegoroMayjen TNI M Effendi TNIPemilu 2019

 

 

Baca Juga