Senin, 03 Agustus 2020

 

 

Nasional Politik

Lemhanas Ingatkan Kubu 01 dan 02 Tidak Paksakan Keinginan Kepada Lembaga Pemilu

Ahmad Fiqi Purba
Jumat, 03 Mei 2019 12:44 WIB

Lemhanas Ingatkan Kubu 01 dan 02 Tidak Paksakan Keinginan Kepada Lembaga Pemilu
Gubernur Lemhannas RI, Agus Widjojo saat memberikan keterangan pers di Lemhannas RI, Jakarta, Jumat (3/5/2019). Foto: Antara

SOKSINEWS.COM, Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) mengingatkan kedua kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden, nomor 01 dan 02, untuk tidak memaksakan keinginan kepada lembaga penyelenggara Pemilu 2019.

"Kita tidak perlu untuk menuntut lembaga atau pihak-pihak lain untuk berbuat seperti yang kita inginkan. Tapi mari kita mulai dari diri kita sendiri," kata Gubernur Lemhannas, Letnan Jenderal TNI (Purnawirawan) Agus Widjojo, saat olahraga bersama dalam rangka HUT ke-54 Lemhannas, di Kantor Lemhannas, Jakarta, Jumat (3/5).

Sebelumnya, Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga meminta KPU menghentikan proses Situng atau real count suara Pemilu 2019 karena adanya kesalahan input data ke Situng KPU.

Menurut Widjojo yang juga salah satu motor reformasi TNI pasca reformasi, saat ini tidak ada satupun masyarakat yang menginginkan Indonesia menjadi bangsa yang terpecah-belah. Apalagi, saat ini sudah ada banyak contoh keterbelahan yang terjadi di tengah masyarakat.

"Kembali ke hati nurani untuk menjaga masyarakat kita, atau kita rela melihat contoh-contoh yang sudah ada bahwa masyarakat kita terbelah dan bisa menjurus kepada perpecahan dalam masyarakat kita," ujarnya.

Ia menambahkan, Pemilu merupakan pesta demokrasi yang digelar lima tahun sekali. Pemilu digelar untuk memilih pemimpin nasional yang didukung rakyat.

"Pemilu lima tahun sekali yang merupakan prosedur dan mekanika untuk memilih kepemimpinan nasional," kata putra pahlawan revolusi, Mayor Jenderal TNI (Anumerta) Sutoyo Siswomihardjo, itu.

Pada masa Orde Baru, hampir semua petinggi dan elit nasional merupakan alumni kursus reguler angkatan ataupun kursus singkat angkatan, dengan pola yang teruji, berbarengan dengan pelaksanaan Penataran P4 dalam berbagai pola dan jenjang.

Kali ini, Lemhannas yang memiliki motto Tanhana Dharma Mangrva mencanangkan kebersamaan dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika, pasca pesta demokrasi tahun 2019 karena merupakan hal yang sangat penting dan tantangan bagi masyarakatyang memilki ciri gotong-royong, dengan nilai-nilai modern yang menempatkan warga negara yang memiliki hak dan kewajiban.

Dalam rangka HUT ke-54 Lemhannas mengadakan olahraga bersama yaitu senam aerobik. Senam ini dipilih karena dapat melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung meningkat, sehingga akan membuat jiwa yang sehat, tenteram dan damai serta menjalin tali silaturahmi.

"Hal ini perlu disadari, karena terkadang dengan kesibukan yang kita miliki, kita melupakan hal-hal penting untuk kita jaga, yaitu kebugaran jasmani, jiwa dan pikiran yang sehat, perlu didukung dengan jasmani yang sehat pula," kata dia.

Berita Lainnya

Kader SOKSI Diminta Aktif Kampanyekan Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan

SOKSINEWS.COM, Dalam mendukung upaya pencegahan penularan COVID-19, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta . . .

Nasional Jumat, 31 Juli 2020

Wagub DKI Yakin Kehadiran SOKSI Akan Terus Membawa Manfaat bagi Masyarakat

SOKSINEWS.COM, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria hadiri tasyakuran Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi . . .

Nasional Jumat, 31 Juli 2020

Kurban Idul Adha, Bentuk Rasa Syukur SOKSI Atas Suksesnya Munas XI

SOKSINEWS.COM, Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (DEPINAS SOKSI), menggelar tasyakuran atas . . .

Nasional Jumat, 31 Juli 2020

Ketum DEPINAS SOKSI Ahmadi Noor Supit Komitmen Menangkan Golkar di Pemilu 2024

SOKSINEWS.COM, Ahmadi Noor Supit terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia . . .

Nasional Rabu, 29 Juli 2020

Bupati Bogor Kecam Pemuda Yang Pukul Petugas PSBB

SOKSINEWS.COM, Bupati Bogor Ade Yasin mengecam perilaku pemuda berinisial MS (22) pengendara motor yang memukul petugas Pembatasan . . .

Nasional Minggu, 10 Mei 2020