Jumat, 19 Juli 2019 -

 

 

Staf Ahli Mendag: Harga Bawang Putih Segera Kembali Stabil

Ekonomi  -  Rabu, 08 Mei 2019, 15:35 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Seorang pedagang melayani pembeli bawang putih di pasar tradisional Inpres Lhokseumawe, Aceh. Senin (3/5/2019). Minimnya persediaan dan tingginya permintaan jelang perayaan meugang membuat harga bawang putih disejumlah pasar di Aceh melonjak menjadi Rp80 ribu dari sebelumnya Rp32 ribu perkilogram. ANTARA FOTO/Rahmad/nz.

SOKSINEWS.COM, Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Internasional, Dody Edward mengatakan, kondisi harga komoditi bawang putih yang saat ini melonjak naik di berbagai daerah di Indonesia akan segera stabil kembali karena Pemerintah sudah menambah persediaannya.

"Dalam satu dua hari ke depan ini, harga bawang putih di seluruh tempat di Indonesia secara berangsur bisa segera kembali stabil pada kisaran harga Rp30 ribuan karena persediaannya sudah bertambah," katanya di Kupang, Rabu.

Dodi Edward berada di Kota Kupang bersama sejumlah pejabat dan staf dari Kementerian Perdagangan dalam rangka melakukan pemantauan harga dan pasokan bahan-bahan kebutuhan pokok di pasar modern dan tradisional menyambut Bulan Ramadhan di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ia mengakui bahwa kondisi harga komoditi bawang putih sudah meningkat tajam bahkan menembus hingga Rp80 ribu per kilogram.

Kenaikan harga bawang putih ini juga didapati saat melakukan pemantauan harga pada salah satu pusat perbelanjaan moderen Trans Mart Kupang.

"Kami sudah minta pihak Trans Mart supaya segera dicek pasokannya misalnya di Surabaya supaya nanti dikirim secepatnya ke Kupang dengan pasokan yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan selama bulan puasa hingga Lebaran nanti," jelasnya.

Edward mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi di tingkat pusat terkait kondisi ini dan dipastikan harganya segera stabil kembali.

"Sudah ada beberapa importir bawang putih yang memasukkan barangnya, sehingga saya kira harganya bisa segera stabil kembali karena pasokannya sudah tersedia," katanya.[]

MendagBawang Putih

 

 

Baca Juga