Kamis, 14 November 2019

 

 

Nasional Daerah

Jelang Lebara, Dishub Kapuas Hulu Akan Cek Kelayakan Angkutan Mudik

Ahmad Fiqi Purba
Jumat, 10 Mei 2019 09:30 WIB

Jelang Lebara, Dishub Kapuas Hulu Akan Cek Kelayakan Angkutan Mudik
Ilustrasi

SOKSINEWS.COM, Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, akan mengecek kelayakan operasi kendaraan pengangkut pemudik menjelang Lebaran.

"Kami akan cek masing-masing armada angkutan umum, terutama untuk kelayakannya," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Hulu H Abdul Halim di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat (10/5).

Dilansir Antara, Halim mengatakan pemantauan kesiapan sarana transportasi darat, udara mau pun air rutin dilakukan menjelang arus mudik atau balik pada masa libur hari besar keagamaan.

Pemeriksaan kelayakan kendaraan, menurut dia, antara lain mencakup bus angkutan umum antar-kota, antar-kecamatan, dan antar-desa; serta pesawat yang menerbangi rute Putussibau-Pontianak. Pengecekan kelaikan operasi pesawat dilakukan bekerja sama dengan otoritas Bandara Pangsuma.

"Alhamdulillah dari pengalaman arus mudik dan balik tahun sebelumnya di Kapuas Hulu lancar-lancar saja, karena memang arus kendaraan tidak begitu padat," kata Halim.

Ia menambahkan pada tahun-tahun sebelumnya hanya sarana angkutan umum jalur sungai yang belum sepenuhnya layak dari sisi keamanan, karena masih ada yang belum menyediakan alat keselamatan penumpang seperti pelampung.

"Kami selalu mengimbau kepada pengemudi speed (boat) agar lebih mengutamakan keselamatan penumpang, untuk alat keselamatan penumpang juga keterbatasan anggaran daerah," kata Halim.

Ia menambahkan selama masa mudik dan balik Dinas Perhubungan Kapuas Hulu juga menyediakan pos pelayanan dan pengamanan bersama dengan kepolisian.

"Biasanya memang kami ada pos pelayanan dan pengamanan bersama TNI-Polri di Masjid Agung, perbatasan dan di daerah Silat wilayah Kapuas Hulu," katanya.[]

Berita Lainnya

Wakil Wali Kota Kupang Dorong Dharma Wanita Lebih Kreatif

SOKSINEWS.COM, Wakil Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Hermanus Man mendorong para anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) . . .

Nasional Kamis, 14 November 2019

Polres Buleleng Tingkatkan Pemeriksaan Tamu Mako Pasca-Bom Medan

SOKSINEWS.COM, Jajaran Polres Buleleng meningkatkan pemeriksaan tamu yang mendatangi markas komando kepolisian pascaledakan bom . . .

Nasional Kamis, 14 November 2019

Kemenag Lebak Tingkatkan Kompetensi Kepala Sekolah Melalui Bintek

SOKSINEWS.COM, Kementerian Agama Kabupaten Lebak, Banten, meningkatkan kompetensi kepala sekolah melalui pelatihan bimbingan teknis . . .

Nasional Kamis, 14 November 2019

Gubernur Sebut Wisatawan Tak Berduit Dilarang Ke NTT

SOKSINEWS.COM, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor B Laiskodat mengatakan bahwa wisatawan yang tak berduit atau bukan termasuk . . .

Nasional Kamis, 14 November 2019

DPR Tinjau Seleksi Calon Hakim Agung

SOKSINEWS.COM, Ketua Komisi Yudisial (KY) Jaja Ahmad Jayus mengapresiasi kunjungan Wakil Ketua DPR Aziz Syamsudin yang meninjau . . .

Nasional Kamis, 14 November 2019