Minggu, 17 November 2019

 

 

Politik

KPU RI Hari Ini Jadwalkan Gelar Rapat Pleno Hasil Pemilu Nasional Empat Provinsi

Ahmad Fiqi Purba
Senin, 13 Mei 2019 09:10 WIB

KPU RI Hari Ini Jadwalkan Gelar Rapat Pleno Hasil Pemilu Nasional Empat Provinsi
Ketua KPU Arief Budiman (kiri) dan Komisioner KPU Hasyim Asyari (kanan) mengikuti Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu serentak 2019 Luar Negeri di gedung KPU, Jakarta, Sabtu (4/5/2019). KPU menggelar rekapitulasi perolehan suara tingkat nasional hasil Pemilihan Umum 2019 di luar negeri. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.

SOKSINEWS.COM, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjadwalkan untuk menggelar rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pemilu nasional dari empat provinsi, yakni Sulawesi Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Utara dan Kalimantan Timur pada Senin (13/5).

"Besok ada empat provinsi, satu panel mulai jam 10.00 WIB," ujar Ketua KPU RI Arief Budiman usai rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara nasional di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Minggu (12/5) malam.

Selain empat provinsi tersebut, Arief mengatakan KPU RI sudah memperoleh konfirmasi dari KPU Lampung dan Jawa Timur, tetapi perwakilan dua KPU provinsi tersebut baru tiba di Jakarta sore.

Untuk itu, apabila Senin malam masih terdapat waktu akan dilakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara nasional Lampung dan Jawa Timur. Namun, jika tidak memungkinkan rekapitulasi dua provinsi itu akan digelar pada Selasa (14/5).

Hingga Minggu malam, provinsi yang telah menyelesaikan rekapitulasi 100 persen adalah Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Bengkulu, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat.

Pasangan calon Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di enam provinsi, yakni Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Gorontalo dan Kalimantan Barat.

Sementara Prabowo-Sandiaga unggul di Bengkulu dan Kalimantan Selatan.

Ada pun proses penghitungan suara manual hasil pemilu presiden 2019 dilakukan secara berjenjang, mulai di tingkat kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pada 17-18 April, tingkat kecamatan pada 18 April-5 Mei, tingkat kabupaten/kota pada 20 April-8 Mei, dan tingkat provinsi pada 22 April hingga 13 Mei 2019.[]

Berita Lainnya

Relawan BPN dan TKN Manfaatkan Momentum HUT RI 74 Untuk Rekonsiliasi

SOKSINEWS.COM, Peringatan HUT Kemerdekaan ke-74 RI jadi momentum rekonsiliasi relawan 01 (TKN) dan 02 (BPN) di tingkat akar . . .

Politik Minggu, 18 Agustus 2019

Darul Siska Ajak Akbar Tandjung dan Agung Laksono Pikirkan Masa Depan Golkar

SOKINEWS.COM, Politikus Senior Partai Golongan Karya (Golkar) Darul Siska, mengirimkan surat terbuka untuk Wakil Ketua Dewan Kehormatan . . .

Politik Sabtu, 03 Agustus 2019

30 DPD Hadiri Pembukaan Rampimnas II Soksi

SOKSINEWS.COM, Pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI), dihadiri . . .

Politik Minggu, 28 Juli 2019

Akademisi: Visi Indonesia 2024 Harus Dipahami Secara Menyeluruh

SOKSINEWS.COM, Akademisi dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Dr Marianus Kleden mengemukakan, Visi Indonesia . . .

Politik Senin, 22 Juli 2019

KPU Targetkan Santunan 542 Petugas KPPS Meninggal Rampung Tahun Ini

SOKSINEWS.COM, Komisoner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra menyatakan santunan untuk 542 ahli waris petugas Kelompok . . .

Politik Sabtu, 20 Juli 2019