Minggu, 18 Agustus 2019 -

 

 

PMI Depok Jamin Persediaan Darah Aman Hingga Lebaran

Nasional  -  Jumat, 17 Mei 2019, 09:22 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

ilustrasi

SOKSINEWS.COM, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok Jawa Barat menjamin persediaan darah hingga lebaran nanti dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Sejak Januari hingga April, kami sudah antisipasi persediaan darah agar dapat memenuhi permintaan masyarakat hingga lebaran," kata Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok Widya Astriyani di Depok, Jumat (17/5).

Widya menyebutkan jumlah kantong darah yang tersedia sampai saat ini sebanyak 1.648 kantong, yang terdiri atas semua jenis golongan darah.

Pada bulan Ramadhan pihaknya juga tetap melakukan upaya jemput bola melalui kegiatan donor darah di masjid, perkantoran maupun sekolah hingga pukul 24.00 WIB.

"Kami tetap melakukan aktivitas selama Ramadhan ke berbagai lokasi yang sudah terjadwal untuk mendapat pendonor darah," katanya.

Walaupun masih cukup namun pihaknya terus berharap sumbangsih masyarakat agar bisa mendonorkan darahnya.

Selain mendatangi berbagai lokasi PMI juga membuka donor darah yang waktu operasionalnya antara pukul 08.00 sampai 21.00 WIB. Bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya, bisa datang ke Markas PMI Kota Depok, di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City.

Dikatakannya selama Ramadhan masyarakat bisa melakukan donor darah. Namun terdapat waktu tertentu yang dianjurkan agar para pendonor tetap sehat dan bugar, meskipun sedang melaksanakan ibadah puasa.

"Idealnya kalau ingin mendonorkan darah selama bulan Ramadhan, bisa pagi atau sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Hal tersebut, agar pendonor tidak lemas dan tetap sehat," ujarnya.[]

 

 

Baca Juga