Jumat, 19 Juli 2019 -

 

 

Kementan Jadi Rujukan Pengelolaan Informasi oleh Negara Luar, DPR: Membanggakan

Nasional  -  Kamis, 11 Juli 2019, 12:51 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Gedung Kementerian Pertanian

SOKSINEWS.COM, Kementerian Pertanian (Kementan) mampu beradaptasi dengan perkembangan era transparansi informasi dan mengimplementasikannya sesuai kebutuhan.

Itu sebabnya tidak mengherankan bila Kementan dijadikan rujukan negara lain untuk mengadopsi sistem pengelolaan informasi dan diseminasi.

"Kan catatan prestasi Kementan yang menyangkut soal ketebukaan informasi publik sudah teruji. Lihat saja deretan penghargaan yang diberikan ke Kementan," kata Ketua Komisi IV DPR Edhy Prabowo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Edhy mencontohkan, salah satu sistem transparansi yang diterapkan Kementan adalah tentang dilibatkannya lembaga antirasuah KPK untuk mengawasi kinerjanya, seperti lelang dan distribusi mesin pertanian.

Edhy mengatakan, sistem penerapan seperti itu adalah cara yang baik sebab memudahkan semua pihak, tidak hanya berdasarkan klaim Kementan, untuk menilai hasil kerjanya.

Lainnya, ucap Edhy, dengan keinginan negara lain belajar pengelolaan informasi dan diseminasi kepada Kementan adalah sebuah kebanggaan. 

Sebab, membuktikan ke negara di dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang jujur dan terbuka untuk memperoleh hasil kerja telah dicapai penyelenggara pemerintahan.

Belum lama ini, Kementan pemerintah Bangladesh menyatakan ketertarikannya untuk mempelajari sistem desiminasi informasi dan manajemennya.

Kementan pemerintah Bangladesh secara serius menyampaikan ketertarikannya belajar tentang sistem pengelolaan informasi dan diseminasi teknologi pertanian di Indonesia sesuai era modernisasi.

Bahkan, pimpinan perwakilan delegasi Kementan pemerintah Bangladesh Rezaul Islam mengakui kemajuan pengelolaan informasi pertanian dan strategi komunikasi Indonesia. []

Kementan

 

 

Baca Juga