Senin, 03 Agustus 2020

 

 

Nasional Hukum

Menkopolhukam Negosiasi Kembali Pengembangan Pesawat Tempur KFX/IFX

Armank
Kamis, 18 Juli 2019 12:44 WIB

Menkopolhukam Negosiasi Kembali Pengembangan Pesawat Tempur KFX/IFX
Pesawat Tempur KFX/IFX.

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengatakan Indonesia melakukan negosiasi kembali terkait kerjasama pengembangan pesawat tempur KFX/IFX.

"Perlu adanya perundingan ulang untuk kedua negara," kata Wiranto sebelum memulai Rakorsus di kantor Kemenkopolhukam Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Wiranto mengatakan hal itu menjadi tugasnya untuk melakukan negosiasi dengan pihak Korea Selatan, yang mana program itu sudah disepakati oleh kedua presiden dalam pertemuan tahun lalu.

Wiranto mengatakan pihak Indonesia menunjuk dirinya sebagai koordinator dan Menteri Pertahanan Korea Selatan sebagai ketua tim dari negara mereka.

Wiranto menyampaikan di satu sisi Indonesia ingin mengurangi share dari dalam program pembuatan pesawat tempur KFX.

"Mengapa kita mengurangi, karena kita tidak mau mengganggu persahabatan kedua negara antara Indonesia dan Korea Selatan yang sudah lama dan berlangsung baik," jelas Wiranto.

Tetapi di sisi lain, Indonesia juga tidak ingin kehilangan kesempatan untuk alih teknologi. Hal itu, kata Wiranto, sesuai dengan orientasi Presiden Jokowi untuk lima tahun ke depan meningkatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

"Waktu yang tersisa saat ini, mari kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk bisa menghasilkan program KFX," harap Wiranto.

Hingga akhir tahun 2018, proses pengembangan pesawat tempur generasi 4,5 yang merupakan kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan, KFX/IFX, sejak 2011 sudah mencapai 20 persen.

Pesawat-pesawat tempur ini ditargetkan baru bisa diproduksi massal pada 2026 usai uji coba dan sertifikasi.

Sementara jumlah pesawat yang akan diproduksi mencapai 168, dengan rincian Korea Selatan akan memiliki 120 pesawat terbang dan Indonesia 48 unit.

Berita Lainnya

Kader SOKSI Diminta Aktif Kampanyekan Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan

SOKSINEWS.COM, Dalam mendukung upaya pencegahan penularan COVID-19, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta . . .

Nasional Jumat, 31 Juli 2020

Wagub DKI Yakin Kehadiran SOKSI Akan Terus Membawa Manfaat bagi Masyarakat

SOKSINEWS.COM, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria hadiri tasyakuran Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi . . .

Nasional Jumat, 31 Juli 2020

Kurban Idul Adha, Bentuk Rasa Syukur SOKSI Atas Suksesnya Munas XI

SOKSINEWS.COM, Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (DEPINAS SOKSI), menggelar tasyakuran atas . . .

Nasional Jumat, 31 Juli 2020

Ketum DEPINAS SOKSI Ahmadi Noor Supit Komitmen Menangkan Golkar di Pemilu 2024

SOKSINEWS.COM, Ahmadi Noor Supit terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia . . .

Nasional Rabu, 29 Juli 2020

Bupati Bogor Kecam Pemuda Yang Pukul Petugas PSBB

SOKSINEWS.COM, Bupati Bogor Ade Yasin mengecam perilaku pemuda berinisial MS (22) pengendara motor yang memukul petugas Pembatasan . . .

Nasional Minggu, 10 Mei 2020