Sabtu, 14 Desember 2019

 

 

Ekonomi Bisnis & Keuangan

Model Bisnis Verifikasi Digital Akan Berkembang, Begini Prediksi OJK

Kaslan
Jumat, 19 Juli 2019 17:42 WIB

Model Bisnis Verifikasi Digital Akan Berkembang, Begini Prediksi OJK
Kepala Group Inovasi Keuangan Digital (IKD) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Triyono ditemui dalam acara diskusi di Gedung OJK, Jakarta, Jumat (19/7/2019) (ANTARA News/Fathur Rochman)

SOKSINEWS.COM, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memprediksi model bisnis verifikasi digital (digital verification) akan berkembang dalam industri finansial technology (fintech) ke depan, seiring makin banyak transaksi digital yang membutuhkan platform terkait kepercayaan.

"Kemarin itu suatu hal yang agak sulit apabila kita melakukan transaksi digital terkait dengan kepercayaan. Nah bagaimana meningkatkan kepercayaan ini?," ujar Kepala Group Inovasi Keuangan Digital (IKD) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Triyono dalam acara diskusi di Jakarta, Jumat (19/7/2019).

"Banyak yang dilakukan, misalnya dengan melalui tanda tangan digital yang juga disebut salah satunya sebagai verifikasi digital, itu kemungkinan akan sangat banyak ke depan," sambung dia.

Triyono mengatakan saat ini hampir semua platform lembaga keuangan membutuhkan verifikasi digital pada saat melakukan transaksi nontunai. Hal tersebut membuka peluang lebar bagi para inovator fintech membangun industri dengan menggunakan model bisnis tersebut.

Nantinya, lanjut dia, apabila model bisnis verifikasi digital berkembang di masyarakat, OJK akan mempertimbangkan membuat regulasi khusus, terutama terkait perlindungan data konsumen.

"Kalau memang banyak, potensinya besar, kami akan buat peraturan khusus verifikasi digital. Seperti apa? Saya kira akan terkait dengan standard berapa enkripsinya, proses verifikasinya seperti apa, kita akan lihat," ucap Triono.
 

OJK

Berita Lainnya

Banjir Kembali Landa Solok Selatan, 9 Rumah Hanyut Tersapu Air

SOKSINEWS.COM, Banjir bandang kembali melanda Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. 9 rumah hanyut, sejumlah jembatan ambruk . . .

Ekonomi Jumat, 13 Desember 2019

Presdir BCA: Kepercayaan Masyarakat Berawal Dari Perusahaan Solid

SOKSINEWS.COM, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja menegaskan, di tengah perkembangan teknologi . . .

Ekonomi Jumat, 13 Desember 2019

Resmikan Tol Layang Japek, Jokowi Harap Kemacetan Berkurang 30 Persen

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek II). Jokowi berharap kemacetan berkurang . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019

Menabung di Bank Sudah Biasa, Nih Cobain Alternatif Lainnya

SOKSINEWS.COM, Saat kita menyimpan uang, jangan berpikir bahwa dengan menyimpan uang di bank menjadi jalan kamu untuk mencapai . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019

Jangan Coba-coba Beli Mobil Mewah Pakai KTP Orang Lain!

SOKSINEWS.COM, Akhir-akhir ini mulai terbongkar modus pemilik mobil mewah memalsukan identitas agar tak kena pajak progresif. . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019