Selasa, 12 November 2019

 

 

Nasional Humaniora

Lima Desa di Temanggung Alami Kekeringan Butuh Bantuan Air Bersih

Ahmad Fiqi Purba
Senin, 22 Juli 2019 08:19 WIB

Lima Desa di Temanggung Alami Kekeringan Butuh Bantuan Air Bersih
Warga mengambil air dari lubang yang digali di dasar sungai yang kering di Desa Glagah, Tangen, Sragen, Jawa Tengah, Selasa (16/7/2019). Warga setempat kesulitan untuk mendapatkan air bersih sejak dua bulan terakhir sehingga mereka memanfaatkan sumber air dari dasar sungai untuk keperluan rumah tangga. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.

SOKSINEWS.COM, Sebanyak lima desa di lima kecamatan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah mengalami kekeringan dan membutuhkan bantuan air bersih di musim kemarau ini.

"Kelima desa tersebut, yakni Gentan Kecamatan Kranggan, Drono Kecamatan Tembarak, Jetis Kecamatan Selopampang, Dampit Kecamatan Tlogomulyo, dan Kalimanggis Kecamatan Kaloran," kata Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi di Temanggung, Senin (22/7/2019).

Gito menyampaikan sumber air di sejumlah daerah tersebut sudah mengering sehingga membutuhkan bantuan air bersih.

"Sebelumnya kami menerima surat permohonan bantuan air bersih dari lima kecamatan tersebut dan setelah kami lakukan pengecekan memang wilayah tersebut memerlukan droping air bersih," katanya.

Ia menuturkan setiap hari BPBD Kabupaten Temanggung mendistribusikan air bersih ke daerah kekeringan sebanyak enam tangki.

Menurut dia potensi daerah rawan kekeringan di Kabupaten Temanggung terdapat di 12 kecamatan, yang terdiri atas 40 desa dan 129 dusun atau titik.

Ia mengimbau para kepala desa di daerah rawan kekurangan air bersih untuk aktif menyampaikan perkembangan di daerahnya.

"Segera minta bantuan air bersih jika memang sangat membutuhkan," katanya.[]

Berita Lainnya

Menlu Retno Marsudi Pastikan Habib Rizieq Masih Pegang Paspor WNI

SOKSINEWS.COM, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi memastikan Habib Rizieq Shihab masih memegang . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019

Bulog Miliki Beras Fortifikasi Atasi Masalah Stunting

SOKSINEWS.COM, Perum Bulog Divisi Regional Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan bahwa saat ini perusahaan itu sudah menyediakan . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019

KPK Hormati Putusan Hakim Tolak Praperadilan Imam Nahrawi

SOKSINEWS.COM, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghormati putusan Hakim Tunggal Elfian yang menolak seluruh permohonan . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019

Menteri PANRB Tunggu "Feedback" K/L Terkait Kajian Pemangkasan Eselon

SOKSINEWS.COM, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menunggu hasil kajian dari . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019

Polisi Tangkap Seorang Pria Tipu Gadis Muda

SOKSINEWS.COM, Petugas kepolisian di Mapolsek Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, menangkap Kasmin (39), warga . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019