Minggu, 20 September 2020

 

 

Ekonomi Bisnis & Keuangan

Harga Kopi Arabika Gelondong Merah Basah Temanggung Capai Rp9.250

Ahmad Fiqi Purba
Jumat, 26 Juli 2019 08:24 WIB

Harga Kopi Arabika Gelondong Merah Basah Temanggung Capai Rp9.250
Seorang petani di Temanggung panen kopi. (ANTARA/Heru Suyitno)

SOKSINEWS.COM, Harga kopi arabika gelondong merah basah di tingkat petani Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah mencapai Rp9.250 per kilogram pada panen tahun ini.

"Mudah-mudahan harga ini bisa bertahan hingga akhir panen raya," kata petani kopi arabika di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Setyo di Temanggung, Jumat (26/7/2018).

Ia mengatakan sejak awal panen pada bulan Juni lalu, harga buah kopi merah basah dibeli dengan harga Rp7.000 per kliogram, kemudian harganya naik menjadi Rp7.500 per kilogram
.
"Alhamdulillah sejak awal panen, harganya sudah bagus," katanya.

Menurut dia, naiknya harga kopi arabika ini karena permintaan dari pedagang cukup tinggi sehingga pada awal Juli lalu harga kembali naik.

"Banyak pedagang yang datang mencari kopi arabika, pedagang lokal juga banyak," katanya.

Memasuki awal Juli 2019, katanya harga kopi arabika naik kembali menjadi Rp8.000 per kilogram, sepekan kemudian harganya naik menjadi Rp9.000 per kilogram dan saat ini harganya Rp9.250 per kilogram.

Petani lain, Giyono mengatakan meskipun panen raya tahun ini tidak sebanyak tahun lalu, namun harga kopi arabika saat ini cukup bagus.

"Apalagi jika kopinya petik merah semua tanpa campuran kopi hijau maka harganya bisa maksimal Rp9.250 per kilogram, tetapi kalau masih ada hijaunya harganya di bawahnya Rp8.750 sampai Rp9.000 per kilogram," katanya.

Oleh karena itu, dirinya berusaha memetik kopi miliknya jika kopi sudah berubah warna menjadi merah matang. Selain harganya lebih bagus berat kopi juga lebih baik.[]

Berita Lainnya

Kabar Gembira, Perekonomian Indonesia Mulai Merangkak Naik

SOKSINEWS.COM, Sektor industri manufaktur di Indonesia menunjukkan geliat yang agresif di tengah tekanan dampak pandemi COVID-19. . . .

Ekonomi Rabu, 02 September 2020

Ternyata Ini Penyebab Pertamina Merugi Rp 11 Triliun

SOKSINEWS.COM, Terdapat tiga faktor penyebab Pertamina merugi hingga Rp11,13 triliun pada semester I-2020. Salah satunya karena . . .

Ekonomi Selasa, 01 September 2020

Gubernur BI Beberkan 3 Cara Majukan UMKM di Era Digital

SOKSINEWS.COM, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo membeberkan tiga cara memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai . . .

Ekonomi Jumat, 28 Agustus 2020

Kemenperin Dorong Pembangunan Pabrik Gula Terintegrasi Lahan Tebu

SOKSINEWS.COM, Kementerian Perindustrian terus mendorong pembangunan pabrik gula baru yang terintegrasi lahan tebu. Pabrik baru . . .

Ekonomi Kamis, 27 Agustus 2020

Pembangunan Infrastruktur Jadi Strategi Pemerintah Pulihkan Ekonomi Nasional

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur menjadi salah satu strategi . . .

Ekonomi Selasa, 25 Agustus 2020