Senin, 11 November 2019

 

 

Sosok

Upacara Pelepasan Jenazah Ichsan Yasin Limpo, Dipimpin Wakil Bupati Gowa

Abu
Kamis, 01 Agustus 2019 13:02 WIB

Upacara Pelepasan Jenazah Ichsan Yasin Limpo, Dipimpin Wakil Bupati Gowa
Suasana Upacara Pelepasan Jenazah Ichsan Yasin Limpo

SOKSINEWS.COM, Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Mallagani menjadi inspektur upacara pelepasan jenazah mantan Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo di kediaman orang tua almarhum,  Kolonel (Purn) H Muh Yasin Limpo di Jalan Haji Bau, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

"Kami mengucapkan duka sedalam-dalamnya, semoga almarhum dilapangkan kuburnya, dihapuskan dosa-dosanya, dan menjadi penghuni surga. Semasa hidupnya selalu mendedikasikan diri untuk masyarakat hingga di masa keemasannya," kata dia.

"Almarhum pencetus program Jumat Ibadah, menjadikan kegiatan olahraga menjadi pencerah kalbu. Selain itu pelopor pendidikan dan kesehatan gratis hingga menjadi salah satu tokoh kemanusiaan di Sulsel. Semoga jasanya menjadi amal jariah amin," ia menambahkan.

Kakak kandung Ichsan, Syahrul Yasin Limpo, menyatakan bahwa dia dan keluarga besar Yasin Limpo ikhlas melepaskan jenazah ke peristirahatan terakhir.

"Menyerahkan kepada Pemerintah Gowa untuk proses pemakaman seperti aturan yang ada," kata mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu.

Usai upacara pelepasan, jenazah dibawa ke Masjid Syekh Yusuf Kabupaten Gowa untuk disalatkan usai salat dzuhur. Selanjutnya jenazah akan dibawa ke Permakaman Islam Panaikang di Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar untuk dimakamkan. Prosesi pemakaman akan dilakukan dengan upacara sipil.

Syahrul mengatakan bahwa sebelum meninggal dunia adiknya berpesan agar keluarga tidak bersedih dan tetap semangat setelah kepergiannya.

"Ichsan berpesan, jangan perlihatkan saya air mata, simpan kesedihan hatimu, saya perlu energi dengan semangatmu, saya bisa mengalahkan kanker ini, tapi ajal tentu tidak bisa," kata Syahrul mengutip pesan sang adik saat menjalani perawatan.

Syahrul, yang juga pernah menjabat sebagai Bupati Gowa, mengatakan bahwa Ichsan adalah seorang yang pemberani, konsisten, tegas, dan selalu berpihak kepada rakyat.

"Kami mohonkan maaf atas segala kesalahannya, kami mohon pengampunan, tentu banyak salah khilaf dan dosanya," kata Syahrul, lalu mengajak para pelayat membaca Alquran Surah Al Fatihah.

Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah bersama wakilnya Andi Sudirman Sulaiman, Penjabat Wali Kota Makassar M Iqbal Samad Suhaeb, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi, Ketua PMI Makassar, dan Ketua DPRD Sulawesi Selatan HM Roem hadir dalam upacara pelepasan jenazah di rumah duka.

Pejabat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kota Makassar, Pemerintah Kabupaten Gowa, PMI Sulawesi Selatan, DPRD, serta para pengurus partai juga menghadiri acara pelepasan jenazah.

Ichsan Yasin Limpo lahir di Makassar pada 9 Maret 1961. Putra Kolonel (Purn) H Muh Yasin Limpo dan Hj E Nurhayati Yasin Limpo itu meninggal dunia meninggalkan seorang istri, empat anak, dan dua cucu.

Lulusan Fakultas Hukum dan Magister Hukum UMI Makassar serta program doktor bidang hukum dari Unhas Makassar itu sebelumnya menjabat sebagai Ketua PMI Sulawesi Selatan, Bupati Gowa periode 2010--2015 dan periode 2005--2010), serta anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan periode 2004--2005 dan 1999--2004).

Ia juga menjabat sebagai ketua dan pengurus dalam beberapa organisasi termasuk Forum Tellu Boccoe, IKA Fakultas Hukum UMI Makassar, FKPPI, dan KOSGORO.

Ichsan mendapat sejumlah penghargaan termasuk Penghargaan Ki Hajar Dewantara dari Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Menteri Perhubungan, Penganugerahan Otonomi Award, Penghargaan Pemerintahan Kabupaten Berkinerja Sangat Tinggi dari Kementerian Dalam Negeri, UNESCO Literacy Prize, dan Anugrah Aksara Pratama / Penghargaan Program Penghapusan Pemberantasan Buta Aksara dan Program Pendidikan Non Formal.[]

Berita Lainnya

Presiden Jokowi Kembali Masuk Dalam Daftar Tokoh Islam Berpengaruh 2019

SOKSINEWS.COM, Presiden RI Joko Widodo Kembali Masuk sebagai tokoh Islam yang berpengaruh 2019. Sejak 2014 Pusat Studi Islam Kerajaan . . .

Sosok Senin, 07 Oktober 2019

Jusuf Kalla: Tidak Ada Ulama Yang Selengkap Prof Hamka

SOKSINEWS.COM, Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla mengatakan tidak ada ulama di Indonesia yang selengkap Prof Hamka . . .

Sosok Selasa, 03 September 2019

Munas Golkar Dalam Kacamata Darul Siska

SOKSINEWS.COM, Pembicaraan tentang waktu Munas Golkar menjadi polemik diantara beberapa pengurus DPP Partai Golkar saat ini. Wakil . . .

Sosok Rabu, 14 Agustus 2019

Pancasilaisme, Golkar Baru dan Generasi Milenial

SOKSINEWS.COM, PANCASILAISME, seperti halnya eksistensi NKRI, adalah harga mati. Karena Pancasilaisme dan NKRI terus menghadapi . . .

Sosok Senin, 05 Agustus 2019

Surat Terbuka untuk Akbar Tanjung dan Agung Laksono

SOKSINEWS.COM, Pak Akbar Tandjung & Pak Agung Laksono yang kami hormati. Bapak berdua kami anggap guru politik dan guru organisasi . . .

Sosok Sabtu, 03 Agustus 2019