Selasa, 20 Agustus 2019 -

 

 

Anggaran Pemeliharaan Taman di Surabaya Capai 10 Miliar

Soksi Daerah  -  Kamis, 01 Agustus 2019, 13:23 WIB
Penulis. Kaslan

Ilustrasi RTH Surabaya

SOKSINEWS.COM, Biaya perawatan ruang terbuka hijau di Kota Surabaya, Jawa Timur, yang diambilkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Surabaya setiap tahunnya diperkirakan mencapai Rp10 miliar.

"Perawatan ini menjadi poin penting karena banyak daerah lain yang kewalahan atau tidak berhasil dalam merawat ruang terbuka hijau ini, khususnya taman-taman," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeko) Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, Kamis (01/8/2019).

Menurut dia, dalam merawat taman itu, Pemkot Surabaya sudah membentuk satgas yang dibagi tiap rayon meliputi rayon timur, barat, utara dan selatan. Setiap rayon, lanjut dia, memiliki tim masing-masing yang tugasnya menjaga dan merawat setiap taman.

"Tim inilah yang biasanya mengganti tanaman atau bunga yang mati," ujarnya.

Biasanya, kata dia, mereka ini menyiram tanaman itu 1-2 kali kalau musim hujan. Tapi kalau musim panas, biasanya mereka menyiram tanaman itu 3-4 kali. Mereka pun rutin melakukan pemupukan dengan memberikan kompos yang diolah sendiri.

Selain itu, kata dia, Pemkot Surabaya juga menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Surabaya Nomor 7 Tahun 2002 Tentang Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau. Dalam perda ini diamanatkan bahwa setiap gedung atau bangunan diharuskan menyediakan ruang terbuka hijau.

"Jadi, saat mengajukan IMB itu, salah satu syaratnya harus ramah lingkungan, harus menerapkan Grand Building. Kacanya harus banyak, sehingga tidak perlu banyak pakai lampu, dan lampunya pun harus pakai LED, serta penggunaan air harus pakai otomatis, sehingga pencemaran lingkungan bisa diminimalisir," katanya.

Hingga saat ini luasan RTH untuk publik di Kota Surabaya sudah mencapai mencapai 21,79 persen atau sama dengan 7.290,53 hektare sejak 2018. Luasan tersebut melebihi target dari yang telah ketentuan pemerintah pusat sebesar 20 persen.

Berdasar data Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DK RTH) Surabaya, bahwa dalam kurun sepuluh tahun terakhir, luasan RTH di Kota Pahlawan selalu bertambah. Pada 2009, luasan RTH publik yakni 6.676,55 hektare atau 20,2 persen dari luas wilayah Surabaya, sedangkan pada 2018, luasan RTH publik sudah mencapai 21,79 persen atau sama dengan 7.290,53 hektare.

RTH

 

 

Baca Juga