Selasa, 20 Agustus 2019 -

 

 

Bupati Aceh Barat Pimpin Pemadaman Karhutlan

Soksi Daerah  -  Kamis, 01 Agustus 2019, 14:34 WIB
Penulis. Abu

Bupati Aceh Barat dan Petugas Karhutlan

SOKSINEWS.COM, Bupati Aceh Barat H Ramli MS memimpin langsung upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Desa Peulanteu dan Desa Seuneubok Trap, Kecamatan Bubon, kabupaten setempat.

"Kehadiran saya di lokasi kebakaran lahan untuk memberikan semangat kepada adik-adik dari pemadam kebakaran yang terus bekerja siang dan malam untuk memadamkan api," kata Bupati Ramli MS kepada ANTARA, Kamis.

Menurutnya, kebakaran lahan milik masyarakat yang terjadi di daerah tersebut diduga kuat terjadi akibat musim kemarau sehingga berdampak terjadinya kebakaran lahan.

Ia mengakui upaya pemadaman yang dilakukan petugas bersama TNI, Polri, petugas Kesatuan Pengawasan Hutan (KPH) wilayah IV Aceh dan masyarakat sangat sulit dilakukan, karena sebaran api di beberapa titik masih terus bermunculkan.

Pemerintah daerah juga terus berupaya melakukan pemadaman agar sebaran api yang membakar lahan di daerah tersebut tidak semakin meluas karena sangat meresahkan masyarakat.

"Selain dilakukan pemadaman, saya juga sudah perintahkan intansi terkait agar penanganan kebakaran lahan di Aceh Barat harus segera dituntaskan, termasuk membagikan masker kepada masyarakat agar tidak terdampak kabut asap," kata Ramli.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat menyatakan luas kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di tiga kecamatan meliputi Kecamatan Meureubo, Bubon dan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat hingga Kamis siang mencapai 14 hektare.

Ada pun sebaran lokasi kebakaran lahan tersebut masing-masing di Kecamatan Meureubo seluas 0,5 hektare, Bubon seluas 11,5 hektare, serta Kecamatan Johan Pahlawan seluas dua hektare.[]

Aceh

 

 

Baca Juga