Kamis, 24 Oktober 2019 -

 

 

Albiner Sitompul Nilai Sunardi Panjaitan Sosok Tepat Pimpin Sibolga

Nasional  -  Jumat, 02 Agustus 2019, 16:02 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ketua Umum DPP Gabema Sibolga Tapteng, Albiner Sitompul (Kiri) bersama Sunardi Panjaitan (Kanan). Foto: Istimewa

SOKSINEWS.COM, Sejumlah nama kini digadang-gadang akan maju sebagai calon Walikota Sibolga pada Pilkada Serentak 2020 mendatang. Salah satu nama yang muncul adalah Sunardi Panjaitan. Pria yang bekerja sebagai jurnalis tersebut dianggap sebagai sosok yang tepat memimpin Kota Sibolga.

Ketua Umum DPP Gabema Sibolga Tapteng, Albiner Sitompul mengatakan, Sunardi Panjaitan adalah sosok yang sangat menjunjung tinggi kesetiakawanan, selalu menjaga silaturahmi, menghormati tokoh-tokoh sepuh dan mau menerima masukan yang diberikan oleh orang lain.

“Dia (Sunardi Panjaitan) adalah anak muda yang  memiliki solidaritas tinggi, rendah hati, selalu menjaga hubungan baik dengan orang lain, setiakawan dan mau menerima saran dan kritik. Sikap itulah yang ditunjukkan selama bergaul dengan saya. Karakter itu harus dimiliki oleh seorang calon pemimpin di Kota Sibolga,” ujar Albiner Sitompul, Jumat (2/8/2019).

Menurut Albiner, salah satu hal yang kini mulai banyak dikeluhkan masyarakat Sibolga adalah mulai memudarnya nilai-nilai hubungan kekerabatan di masyarakat. Padahal nilai-nilai itu adalah modal dasar bagi pembangunan Kota Sibolga sebagai “Negeri Berbilang Kaum”. 

“Ketika saya melakukan silaturahmi dengan beberapa tokoh senior asal Sibolga Tapteng, seperti Akbar Tandjung, ada beberapa keluh kesah yang disampaikan. Salah satunya, mulai memudarnya hubungan kekerabatan, pertemanan dan kesetiakawanan mulai dari level pimpinan pemerintahan di Kota Sibolga dan berimbas ke masyarakat bawah,” tambahnya.

Oleh karena itu menurutnya, saat ini dibutuhkan pemimpin Kota Sibolga yang mampu mengembalikan nilai-nilai yang mulai terkikis tersebut, dan itu dimiliki oleh Sunardi Panjaitan.

"Sunardi punya kemampuan untuk mengembalikan dan menjaga nilai-nilai itu. Saya yakin Sunardi Panjaitan ini bukan tipe orang yang gampang melupakan dan memutus tali silaturahmi dengan orang lain,” tegasnya.

Ketua Umum DPP Jam’iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) itu juga mengatakan sebagai jurnalis, Sunardi Panjaitan juga memiliki komitmen yang kuat untuk ikut membangun kampung halamannya.

Dirinya bercerita, ketika JBMI membangun Titik Nol Peradaban Islam di Barus dan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 24 Maret 2017 lalu, Sunardi Panjaitan juga turut memberikan kontribusi yang cukup besar.

“Dia sangat care (peduli) dengan pengembangan wisata dan kebudayaan di Sibolga dan Tapanuli Tengah. Saat JBMI akan membangun Titik Nol Peradaban Islam di Barus, dia juga turut serta terlibat untuk menemukan icon pariwisata baru di Tapanuli Tengah seperti menemukan mutiara yang tertimbun,” tuturnya.

“Dengan jaringan yang cukup luas yang dimilikinya, saya juga menyakini Sunardi akan menemukan formula yang tepat untuk menjadikan Kota Sibolga menjadi kota yang maju, ramah, bermartabat dan masyarakatnya menjunjung nilai-nilai kesetiakawanan, kekerabatan dan peduli dengan sesama,” tutupnya.[]

PilkadaSibolgaSunardi PanjaitanAlbiner SitompulGabemaJBMI

 

 

Baca Juga