Rabu, 11 Desember 2019

 

 

Nasional Daerah

Banten Kekeringan, 15 Ribu Hektare Tanaman Padi Terancam Gagal Panen

Abu
Rabu, 07 Agustus 2019 15:06 WIB

Banten Kekeringan, 15 Ribu Hektare Tanaman Padi Terancam Gagal Panen
Kepala Dinas Pertanian Banten Agus M Tauchid mejinjau salah satu lokasi penjual hewan kurban di Kota Serang. Foto: Istimewa

SOKSINEWS.COM, Sebanyak 15 ribu hektare tanaman padi atau sawah di tiga daerah di Banten terkena kekeringan akibat musim kemarau, sebanyak 576 hektare di antaranya gagal panen atau puso.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid di Serang, Rabu (7/8/2019) mengatakan, paling banyak tanaman padi yang terkena kekeringan berada di Kabupaten Pandeglang, kemudian di Kabupaten Lebak dan di Kabupaten Serang. Namun di beberapa wilayah yang memanfaatkan irigasi teknis masih tetap berjalan normal.

"Kalau musim kemarau, ya seperti biasa terjadi kekeringan. Namun kemarau tahun ini memang lebih kering dibandingkan tahun sebelumnya," ujarnya.

Ia mengatakan, upaya yang sudah dilakukan Pemprov Banten adalah membuat sumur pantek di beberapa titik, kemudian mobilisasi pompa dengan selang hisapnya dan yang ketiga mengoptimalkan pompa yang ada di kabupaten/kota.

"Kami juga mengganti tanaman padi yang puso dengan memberikan benih secara gratis," ujar Agus.

Selain itu, Agus juga mengajak para petani di Banten untuk mengikuti program asuransi usaha tanaman padi, agar jika ada kegagalan panen maka tanaman bisa diganti atau ada jaminan dari asuransi tersebut.

"Sekarang dan ke depan tolong para petani harus mau masuk menjadi anggota asuransi usaha tanaman padi, karena itu bayar premi murah hanya Rp36.000 per hektare per musim, " kata dia saat melakukan pemeriksaan salah satu lokasi penjualan hewan kurban di Kota Serang.

Sehingga jika terjadi gagal panen akibat kekeringan, nantinya para petani akan mendapatkan pergantian atau jaminan dari asiransi tersebut sebesar Rp6 juta per hektare per musim.

"Memang ini masih membutuhkan proses edukasi bagi masyarakat petani," kata dia.[]

Berita Lainnya

Jokowi: Ini Tolong Jadi Catatan

SOKSINEWS.COM, Pemerintah melalui APBN 2020 telah mengalokasikan anggaran bagi dana desa yang cukup besar. Pada tahun 2020 mendatang, . . .

Nasional Rabu, 11 Desember 2019

Ketua MPR Dorong Pemerintah Akselerasi Pembangunan SDM

SOKSINEWS.COM,  Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong pemerintah untuk segera mengakselerasi pembangunan sumber daya manusia . . .

Nasional Rabu, 11 Desember 2019

AHY Umumkan Taruna Terbaik PD Bak Miss Universe: Bukan Kayak Pilpres

SOKSINEWS.COM, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY mengumumkan wisudawan terbaik dari Taruna Akademi . . .

Nasional Rabu, 11 Desember 2019

Dilempar Molotov Orang Misterius, Kaca Rumah Warga di Sleman Pecah

SOKSINEWS.COM, Orang tak dikenal melempar molotov ke rumah Ngadilah, warga Kecamatan Gamping, Sleman, pagi dini hari tadi. Akibatnya, . . .

Nasional Rabu, 11 Desember 2019

Cerita Khofifah Pernah Bilang ke Rommy Soal, Jangan Sampai Keanginan

SOKSINEWS.COM,  Khofifah Indar Parawansa mengakui pernah berkomunikasi dengan Romahurmuziy alias Rommy perihal jabatan Kepala . . .

Nasional Rabu, 11 Desember 2019