Sabtu, 25 Januari 2020

 

 

Nasional Daerah

Tekan Sampah Plastik, Pemkab Magelang Imbau Takmir Masjid Gunakan Wadah Organik Bagikan Daging Qurban

Ahmad Fiqi Purba
Rabu, 07 Agustus 2019 17:23 WIB

Tekan Sampah Plastik, Pemkab Magelang Imbau Takmir Masjid Gunakan Wadah Organik Bagikan Daging Qurban
Bupati Magelang Zaenal Arifin (Humas Pamkab Magelang)

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Kabuten Magelang, Jawa Tengah mengimbau takmir masjid menggunakan wadah berbahan organik seperti besek dan daun pisang untuk wadah/membungkus saat membagikan daging kurban guna menekan sampah plastik.

"Saya sudah bilang ke Pak Sekda supaya ditindaklanjuti penggunaan besek atau daun pisang pada pembagian daging kurban nanti, tentunya ini lebih higienis. Selain itu kita juga bisa memberdayakan ekonomi masyarakat dengan penggunaan besek," kata Bupati Magelang, Zaenal Arifin, Rabu (7/8/2019).

Ia menuturkan pihaknya akan memberikan surat bersifat imbauan kepada seluruh takmir masjid atau masyarakat yang menjadi panitia kurban di Kabupaten Magelang untuk menggunakan besek dan daun pisang supaya menghindari penggunaan kantong plastik (kresek).

"Marilah kita menggunakan bahan dari alam yang lebih ramah lingkungan." katanya.

Ia meminta kepada seluruh masyarakat agar bisa menjadi agen-agen untuk menekan jumlah sampah anorganik di Kabupaten Magelang, termasuk di kelembagaan pemerintah daerah.

"Saya minta saat rapat-rapat, kita tinggalkan bahan yang berbau plastik. Kalau harus pakai lepek ya pakailah lepek. Kalau minum ya pakailah gelas. Kita ini harus menjadi teladan lebih dulu," katanya.

Ia menuturkan kalau penduduk di Kabupaten Magelang ini kurang lebih 1,28 juta jiwa dan sumbangan sampah per orang 0,5 kilogram per hari, maka dalam satu bulan akan terkumpul ratusan ton sampah.

"Kita mau punya lahan TPA yang begitu besar pun juga tidak akan pernah selesai masalah sampah ini. Jadi tidak usah muluk-muluk, mulai dari diri masing-masing saja untuk mengurangi penggunaan plastik setiap harinya," katanya.[]

Berita Lainnya

Omnibus Law Keamanan Laut, Mahfud MD: Bertambah Jadi 24 UU

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyebutkan hasil pemetaan regulasi yang harus . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Korban Kejahatan Seksual Pejabat Buton Utara Dapat Bantuan Psikolog

SOKSINEWS.COM, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Provinsi Sulawesi . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Menko Polhukam Gelar Rapat Soal Pengamanan Laut

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menggelar rapat khusus terkait pengamanan wilayah . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

PPP Dukung Pansus Jiwasraya

SOKSINEWS.COM, Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) H. Arsul Sani yang juga Wakil Ketua MPR mengatakan partainya . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Polri: Ada 56 Pertanyaan Diajukan Penyidik Pada Novel

SOKSINEWS.COM, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan penyidik Komisi Pemberantasan . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020