Jumat, 22 November 2019

 

 

Nasional Humaniora

Mendigbud, GFJA Dan Perpusnas Gelar Pameran ART And Diplomacy

Abu
Kamis, 15 Agustus 2019 14:13 WIB

Mendigbud, GFJA Dan Perpusnas Gelar Pameran ART And Diplomacy

SOKSINEWS.COM, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menggelar pameran Art and Diplomacy.

Pameran tersebut akan digelar di tiga tempat berbeda yaitu di Perpustakaan Nasional, Galeri Foto Jutnalistik Antara, dan Museum Bronbeek di Belanda.

"Pameran dimulai di Perpustakaan Nasional pada 15 Agustus, kemudian di GFJA pada 16 Agustus dan di Bronbeek, Belanda pada 17 Agustus," kata Direktur Sejarah Kemendikbud Triana Wulandari saat pembukaan pameran di Perpusatakaan Nasional, Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan pameran tersebut penting untuk memberikan narasi kepada masyarakat Indonesia bahwa perjuangan tidak hanya melalui senjata tetapi juga melalui diplomasi internasional.

"Puncaknya pada 27 Desember 1949 ketika Konferensi Meja Bundar yang diadakan di Den Haag, yang menjadi tonggak penyerahan kedaulatan kepada Indonesia," kata dia.

Perjuang-perjuangan tersebut terekam melalui berbagai karya seni dari masa revolusi dalam berbagai bentuk, seperti sketsa, lukisan, poster dan lainnya yang menjadi simbol dan saksi bisu bangsa Indonesia meraih kedaulatan bangsa.

"Kami harap masyarakat pemahaman tentang sejarah dan semangat nasionalisme dalam meraih kedaulatan bangsa sehingga kita mampu memaknainya sebagai modal untuk mengisi kemerdekaan," kata dia.

Tak hanya pameran, mereka juga meluncurkan buku Art & Diplomacy yang menghadirkan gambaran peristiwa tentang periode yang sangat penting dalam perjalanan sejarah Indonesia.

Buku tersebut menampilkan berbagai sumber primer dalam bentuk visual yang kaya akan informasi.

Selain itu ada juga seminar kesejarahan dengan narasumber para pengamat, pemerhati serta peneliti sejrah dan kebijakan politik.[]

Berita Lainnya

BBPOM Yogyakarta Musnahkan 125 Kilogram Obat Kedaluwarsa

SOKSINEWS.COM, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta melakukan pemusnahan terhadap obat-obatan yang telah rusak . . .

Nasional Kamis, 21 November 2019

Menag Fachrul Razi Bakal Buka Dialog Soal Kasus First Travel

SOKSINEWS.COM, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan membuka dialog untuk mencari jalan . . .

Nasional Kamis, 21 November 2019

Ketua DPRD Depok Minta Kasus Hepatitis A Ditangani Serius

SOKSINEWS.COM, Ketua DRPD Kota Depok TM Yusufsyah Putra meminta kepada Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan setempat untuk . . .

Nasional Kamis, 21 November 2019

Banyumas Terima Sertifikat WTP Dari Dirjen Perbendaharaan

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menerima sertifikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Direktorat . . .

Nasional Kamis, 21 November 2019

Kejaksaan Kapuas Hulu Musnahkan 4,5 Ton Batu Antimoni

SOKSINEWS.COM, Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu memusnahkan barang bukti atas perkara kepabeanan terkait kasus penyelundupan batu . . .

Nasional Kamis, 21 November 2019