Jumat, 22 November 2019

 

 

Nasional Daerah

Banjir Bandang Terjang Puluhan Rumah Di Aceh Selatan

Kaslan
Sabtu, 17 Agustus 2019 19:01 WIB

Banjir Bandang Terjang Puluhan Rumah Di Aceh Selatan
Ilustrasi Banjir Bandang

SOKSINEWS.COM, Musibah banjir bandang menerjang puluhan rumah di dua desa masing-masing Desa Jambo Dalam dan Desa Kapai Seusak, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Jumat (16/8) jelang tengah malam.

Hingga Sabtu sore, puluhan rumah di daerah tersebut dilaporkan rusak dan musibah tersebut menyebabkan 1.417 jiwa masyarakat terdampak.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, akan tetapi kami masih terus melakukan pendataan terhadap jumlah kerusakan akibat banjir bandang," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan, Cut Syazalisma yang dihubungi dari Meulaboh, Aceh Barat, Sabtu (17/8/2019) sore.

Menurutnya, peristiwa tersebut diduga terjadi akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut sehingga membuat meluapnya aliran sungai di kawasan ini, sehingga menyebabkan terjadinya banjir bandang.

Adapun lokasi kerusakan akibat musibah itu di antaranya yakni tersebar di Desa Jambo Dalam, Kecamatan Trumon Timur, menyebabkan sembilan unit rumah rusak sedang dan sebanyak 1.250 jiwa (300 kepala keluarga) ikut terdampak.

Kemudian di Desa Kapai Seusak, kecamatan setempat, banjir bandang juga merusak sejumlah rumah warga dan menyebabkan 167 jiwa (32 kepala keluarga) ikut terdampak.

"Untuk sementara kami sudah membuat dapur umum guna memenuhi kebutuhan makanan dan logistik para korban," kata Cut Syazalisma menambahkan.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek mengatakan pihaknya hingga Sabtu sore masih terus menghimpun keterangan dari lokasi bencana.

Ia mengatakan pihaknya juga melakukan koordinasi dengan BPBD Aceh Selatan untuk memastikan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan masyarakat agar secepatnya bisa ditanggulangi.

Berita Lainnya

KPK Latih 60 Pemuda Jateng Terkait Pencegahan Korupsi

SOKSINEWS.COM, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Kemendes PDTT dan komunitas Ketjilbergerak melatih 60 pemuda dari 20 . . .

Nasional Jumat, 22 November 2019

Ahok Jadi Komisaris Utama PT Pertamina

SOKSINEWS.COM,Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Pertamina . . .

Nasional Jumat, 22 November 2019

PT KCN Dan STIP Kerja Sama Tingkatkan Kompetensi SDM Kemaritiman

SOKSINEWS.COM, PT Karya Citra Nusantara (KCN) bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta untuk mengembangkan . . .

Nasional Jumat, 22 November 2019

Wagub Sumbar: RS Pemerintah Tidak Boleh Berhenti Layani Masyarakat

SOKSINEWS.COM, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menegaskan tidak boleh ada Rumah Sakit (RS) pemerintah yang berhenti . . .

Nasional Jumat, 22 November 2019

KAHMI Kalsel Diminta Cegah Radikalisme Dan Terorisme

SOKSINEWS.COM,  Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor meminta Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) . . .

Nasional Jumat, 22 November 2019