Jumat, 20 September 2019 -

 

 

Banjir Bandang Terjang Puluhan Rumah Di Aceh Selatan

Nasional  -  Sabtu, 17 Agustus 2019, 19:01 WIB
Penulis. Kaslan

Ilustrasi Banjir Bandang

SOKSINEWS.COM, Musibah banjir bandang menerjang puluhan rumah di dua desa masing-masing Desa Jambo Dalam dan Desa Kapai Seusak, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Jumat (16/8) jelang tengah malam.

Hingga Sabtu sore, puluhan rumah di daerah tersebut dilaporkan rusak dan musibah tersebut menyebabkan 1.417 jiwa masyarakat terdampak.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, akan tetapi kami masih terus melakukan pendataan terhadap jumlah kerusakan akibat banjir bandang," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan, Cut Syazalisma yang dihubungi dari Meulaboh, Aceh Barat, Sabtu (17/8/2019) sore.

Menurutnya, peristiwa tersebut diduga terjadi akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut sehingga membuat meluapnya aliran sungai di kawasan ini, sehingga menyebabkan terjadinya banjir bandang.

Adapun lokasi kerusakan akibat musibah itu di antaranya yakni tersebar di Desa Jambo Dalam, Kecamatan Trumon Timur, menyebabkan sembilan unit rumah rusak sedang dan sebanyak 1.250 jiwa (300 kepala keluarga) ikut terdampak.

Kemudian di Desa Kapai Seusak, kecamatan setempat, banjir bandang juga merusak sejumlah rumah warga dan menyebabkan 167 jiwa (32 kepala keluarga) ikut terdampak.

"Untuk sementara kami sudah membuat dapur umum guna memenuhi kebutuhan makanan dan logistik para korban," kata Cut Syazalisma menambahkan.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek mengatakan pihaknya hingga Sabtu sore masih terus menghimpun keterangan dari lokasi bencana.

Ia mengatakan pihaknya juga melakukan koordinasi dengan BPBD Aceh Selatan untuk memastikan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan masyarakat agar secepatnya bisa ditanggulangi.

BPBDbanjir

 

 

Baca Juga