Kamis, 20 Februari 2020

 

 

Hiburan Travel

Instalasi Seni Ramah Lingkungan Semarakkan Terowongan Dukuh Atas

Ahmad Fiqi Purba
Minggu, 18 Agustus 2019 10:16 WIB

Instalasi Seni Ramah Lingkungan Semarakkan Terowongan Dukuh Atas
Ruangan pameran instalasi seni "Kenali Sejarah Perkeretapianmu" di terowongan Dukuh Atas-BNI City. (ANTARA News/Lia Wanadriani Santosa)

SOKSINEWS.COM, Suasana berbeda tampak terlihat di terowongan jalan Kendal-Blora, Jakarta Pusat, yang menghubungkan stasiun Commuterline Sudirman dengan stasiun MRT Dukuh Atas dan stasiun Railink BNI City.

Rangkaian instalasi seni tentang kota Jakarta dan transportasi kereta api di kawasan itu tampil menyemarakkan jalur pedestrian terowongan itu pada Minggu (18/8/2019).

Salah satu inisiator instalasi seni itu, Kejar Rama Soeprapto, mengatakan instalasi seni menjadi sarana berekspresi sekaligus upaya pengenalan sejarah.

"(Instalasi seni) kesempatan kami untuk berekspresi. Kejar, kenali sejarahmu, kejarlah mimpimu. Dari sana, timbul ide dari teman-teman membuat instalasi seni ini. Mari, kita sama-sama bangun negara ini menjadi negara terbaik di dunia," kata Rama.

Instalasi bertajuk "Kenali Sejarah Perkeretapianmu" itu mengusung konsep "Eco Living Go Green". Dinding ruangan instalasi terbuat dari kerat-kerat botol minuman yang disusun hingga menyerupai kereta dengan empat pintu.

Di dalamnya, ada berbagai karya seni mengenai kota Jakarta, termasuk ikon Monumen Nasional yang terbuat dari botol-botol galon air minum, potongan kaca, dan tali tambang.

Selain itu, terdapat pula transportasi kereta api yang terbuat dari gulungan kardus-kardus yang dipotong kecil dan plastik bekas.

Setidaknya, ada sembilan gambar hasil kolaborasi perupa seni Nur Salomo dan ilustrator Sanchia Hamidjaja bersama 180 siswa sekolah dasar di Jakarta yang dipamerkan bersama instalasi seni itu.

"Dua minggu persiapan. Seperti referensi soal kereta, melihat peta Jakarta, (dan) enaknya melewati kawasan apa saja. Aku enggak sangka hasil akhirnya akan seperti ini. Aku terharu," tutur Sanchia.

Instalasi seni itu dapat Anda nikmati hingga 25 Agustus 2019 dengan melewati terowongan jalan Blora-Kendal, Jakarta Pusat.[]

Berita Lainnya

Pengawasan Kawasan Taman Nasional Komodo Gunakan Teknologi Digital

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Nusa Tenggara Timur akan menggunakan aplikasi teknologi digital untuk memantau seluruh aktifitas baik . . .

Hiburan Kamis, 05 Desember 2019

Toraya Mangkasara Raih Juara Tari Dunia

SOKSINEWS.COM, Perwakilan Indonesia asal Makassar, Sulawesi Selatan berhasil meraih juara kedua dalam ajang kompetisi tari . . .

Hiburan Rabu, 06 November 2019

BPS: Wisatawan Asing Yang Berkunjung Ke Sumbar Turun 25,90 Persen

SOKSINEWS.COM, Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat mencatat kunjungan wisatawan asing ke provinsi itu pada September 2019 . . .

Hiburan Minggu, 03 November 2019

Pagelaran "Fesyar" 2019 Didorong Intensifkan QRIS Di Rumah Ibadah

SOKSINEWS.COM, Pagelaran Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) 2019 di Jawa Timur yang diadakan 6-9 November di Grand City Convention . . .

Hiburan Jumat, 01 November 2019

Cinta Laura Sempat Canggung Berakting Dengan Herjunot Ali

SOKSINEWS.COM, Cinta Laura yang merupakan salah satu pemeran utama film "Jeritan Malam" mengaku sempat canggung ketika . . .

Hiburan Selasa, 29 Oktober 2019