Senin, 11 November 2019

 

 

Ekonomi

Sumber Air Baku PDAM Singkawang Turun 50 Persen

Ahmad Fiqi Purba
Senin, 19 Agustus 2019 11:51 WIB

Sumber Air Baku PDAM Singkawang Turun 50 Persen
Dirut PDAM Gunung Poteng Singkawang, Kristina Killin (dua kanan) saat meninjau sumber air baku di IPA 150 Liter Per Detik, Jalan Tirtasari, Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah. ANTARA/Rudi

SOKSINEWS.COM, Sumber air baku yang ada di IPA 1, 2 dan 3 Jalan Tirtasari, Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah, Kalimantan Barat, mulai mengalami penurunan 50 persen.

"Hal itu dikarenakan musim kemarau yang sudah terjadi hampir sebulan ini," kata Direktur PDAM Gunung Poteng Singkawang, Kristina Killin saat meninjau sumber air baku di IPA 150 Liter Per Detik, Jalan Tirtasari, Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah, Senin (19/8/2019).

Dia mengatakan, secara kasat mata debit air yang masuk ke Intake sudah sangat tipis. Karena, jika memang penuh, maka debit air yang masuk ke Intake akan mengepul dan menebal dengan ketinggian air berapa centimeter.

Menyikapi hal tersebut, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan PDAM, pihaknya akan memaksimalkan sumber air yang ada sebanyak 50 persen.

"Artinya, sumber air baku yang ada akan kita olah untuk didistribusikan dari IPA 1, 2 dan 3," ujarnya.

Kemudian, mengingat pompa distribusi PDAM Singkawang belum bisa berjalan dengan maksimal, maka pendistribusian air bersih ke pelanggan akan pihaknya berlakukan pengaturan waktu berapa jam dalam sehari.

Disisi lain, dia juga mengimbau ke pelanggan untuk berhemat dalam penggunaan air bersih, mengingat sumber air baku yang ada saat ini semuanya dalam kondisi kering.[]

Berita Lainnya

PT KAI Terbitkan Obligasi Kedua Senilai Rp22 Triliun

SOKSINEWS.COM, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menerbitkan surat utang atau obligasi yang kedua senilai Rp2 triliun, di mana . . .

Ekonomi Senin, 11 November 2019

Satgas Waspada Investasi: Baru 127 Pinjaman Daring Legal

SOKSINEWS.COM, Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing mengatakan saat ini baru ada 127 pinjaman online atau . . .

Ekonomi Senin, 11 November 2019

Ibu Kota Negara Dipindahkan, Kalimantan Butuh Penataan Provinsi

SOKSINEWS.COM, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menilai Pulau Kalimantan butuh penataan provinsi sebelum ibu kota negara di . . .

Ekonomi Senin, 11 November 2019

Menhub: Tarif LRT Jabodebek Bisa Kurang dari Rp12.000

SOKSINEWS.COM, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut tarif Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek . . .

Ekonomi Senin, 11 November 2019

Menteri ESDM Minta Maknai Hari Pahlawan Dengan Hal Produktif

SOKSINEWS.COM, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengingatkan agar peringatan Hari Pahlawan tak hanya . . .

Ekonomi Senin, 11 November 2019