Rabu, 19 Februari 2020

 

 

Nasional Hukum

Polri Kerahkan Empat Satuan SSK Jaga Keamanan Papua Barat

Ahmad Fiqi Purba
Selasa, 20 Agustus 2019 15:51 WIB

Polri Kerahkan Empat Satuan SSK Jaga Keamanan Papua Barat
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo (ANTARA/Dyah Dwi)

SOKSINEWS.COM, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan sebanyak empat satuan setingkat kompi (SSK) Brimob dari Polda Sultra, Polda Sulut dan Polda Maluku diperbantukan untuk menjaga keamanan di Papua Barat, pasca kericuhan di Kota ManokwarI.

"Tambahan kekuatan ada dari TNI dan Polri ada empat SSK dari Polda Sultra, Polda Sulut, Polda Maluku. Semuanya sudah menempati posisi masing-masing dan yang terpenting kehadiran anggota di sana memastikan situasi berjalan aman," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Menurut dia, kondisi keamanan di Papua Barat, khususnya di Manokwari, telah terkendali. Masyarakat pun kembali beraktifitas normal.

Pihaknya mencatat, pasca kericuhan, ada sekitar 10 fasilitas umum yang rusak di Manokwari. Sementara di wilayah Sorong ada 15 fasilitas umum, rusak.

Tak hanya menjaga keamanan, TNI-Polri bekerja sama dengan pemda setempat turut membersihkan pohon-pohon yang tumbang serta sisa-sisa aksi pembakaran.

"Tugasnya aparat dan pemda hari ini melaksanakan pembersihan pohon-pohon yang tumbang, khususnya di Kota Manokwari, sisa pembakaran ban dibersihkan," katanya.

Sebelumnya pada Senin (19/8), sejumlah ruas jalan di Papua Barat diblokade oleh pendemo, yakni di Jalan Yos Sudarso, Jalan Trikora Wosi dan Jalan Manunggal Amban, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari.

Pendemo memprotes tindakan persekusi dan rasisme yang diduga dilakukan oleh organisasi masyarakat dan oknum aparat terhadap para mahasiswa asal Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur yang terjadi pada Sabtu 17 Agustus 2017. []

 

Berita Lainnya

Peserta Ujian Seleksi CASN 2020 Lewati Pemeriksaan Ketat

SOKSINEWS.COM, Peserta ujian seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2020 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka . . .

Nasional Selasa, 18 Februari 2020

Bupati Bogor: Jangan Ada Lagi Antrean Layanan KTP Di Disdukcapil

SOKSINEWS.COM, Bupati Bogor, Ade Yasin menginstruksikan agar tak ada lagi penumpukan antrean pelayanan kartu tanda penduduk (KTP) . . .

Nasional Selasa, 18 Februari 2020

DPRD NTT Tetap Mengawasi Pemanfaatan Dana BOS

SOKSINEWS.COM, Ketua Komisi V DPRD Nusa Tenggara Timur (NTT), Yunus Takandewa mengatakan, legislatif tetap mengawasi larangan . . .

Nasional Selasa, 18 Februari 2020

Wali Kota Palu Minta Kejaksaan Bantu Awasi Proyek Pembangunan Kota

SOKSINEWS.COM, Wali Kota Palu Hidayat meminta kejaksaan setempat ikut mengawasi pelaksanaan proyek pembangunan di ibukota Provinsi . . .

Nasional Selasa, 18 Februari 2020

Pelaku Pencabulan Anak Di Bawah Umur Ditangkap

SOKSINEWS.COM, Jajaran Polres Cianjur, Jawa Barat, menangkap Yunus (27) warga Desa Sukamulya, Kecamatan Naringgul, pelaku pencabulan . . .

Nasional Selasa, 18 Februari 2020