Rabu, 19 Februari 2020

 

 

Nasional Humaniora

Kemensos Turunkan Tim LDP Rehab Warga Terdampak Aksi Kericuhan Papua

Ahmad Fiqi Purba
Rabu, 21 Agustus 2019 15:47 WIB

Kemensos Turunkan Tim LDP Rehab Warga Terdampak Aksi Kericuhan Papua
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) saat meninjau ruang media di Kementerian Sosial di Jakarta, Rabu (21/8/2019) (ANTARA/Desi Purnamawati)

SOKSINEWS.COM, Kementerian Sosial akan menurunkan tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) untuk memberikan rehabilitasi sosial kepada warga yang terdampak kericuhan di Papua dan Papua Barat.

"Kami sedang mempertimbangkan untuk menempatkan tenaga LDP, kita sedang lakukan asesmen," kata Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Namun karena permasalahan di Papua dan Papua Barat juga terkait dengan faktor keamanan, maka Kementerian Sosial akan berkoordinasi dengan pihak keamanan di lapangan.

"Ini kita lakukan agar penanganannya tidak parsial," tambah Agus Gumiwang.

Tim LDP akan memberikan layanan rehabilitasi sosial terutama untuk mengurangi trauma psikologis warga akibat dampak dari kericuhan yang terjadi.

Mensos mengatakan, pendekatan kesejahteraan sosial sangat penting diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan yang di hadapi di kedua provinsi paling ujung timur tersebut.

Terkait kericuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat, Kementerian Sosial sudah menurunkan tim dari Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial untuk melakukan asesmen terkait bantuan yang diperlukan.

Mensos mengatakan pemerintah memastikan akan hadir untuk memberikan rehabilitasi sosial bagi warga yang menjadi korban di Papua dan Papua Barat.

Sebelumnya terjadi kericuhan di Manokwari Provinsi Papua Barat, masyarakat turun ke jalan bersama mahasiswa membakar ban-ban di berbagai sudut kota maupun jalan-jalan protokol.

Mobilisasi massa juga terjadi di Jayapura dan Timika di Provinsi Papua yang dipicu bentrok massa pada Kamis (15/8) antara sekelompok warga Kota Malang dengan mahasiswa asal Papua di Jawa Timur.[]
 

Berita Lainnya

Peserta Ujian Seleksi CASN 2020 Lewati Pemeriksaan Ketat

SOKSINEWS.COM, Peserta ujian seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2020 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka . . .

Nasional Selasa, 18 Februari 2020

Bupati Bogor: Jangan Ada Lagi Antrean Layanan KTP Di Disdukcapil

SOKSINEWS.COM, Bupati Bogor, Ade Yasin menginstruksikan agar tak ada lagi penumpukan antrean pelayanan kartu tanda penduduk (KTP) . . .

Nasional Selasa, 18 Februari 2020

DPRD NTT Tetap Mengawasi Pemanfaatan Dana BOS

SOKSINEWS.COM, Ketua Komisi V DPRD Nusa Tenggara Timur (NTT), Yunus Takandewa mengatakan, legislatif tetap mengawasi larangan . . .

Nasional Selasa, 18 Februari 2020

Wali Kota Palu Minta Kejaksaan Bantu Awasi Proyek Pembangunan Kota

SOKSINEWS.COM, Wali Kota Palu Hidayat meminta kejaksaan setempat ikut mengawasi pelaksanaan proyek pembangunan di ibukota Provinsi . . .

Nasional Selasa, 18 Februari 2020

Pelaku Pencabulan Anak Di Bawah Umur Ditangkap

SOKSINEWS.COM, Jajaran Polres Cianjur, Jawa Barat, menangkap Yunus (27) warga Desa Sukamulya, Kecamatan Naringgul, pelaku pencabulan . . .

Nasional Selasa, 18 Februari 2020