Kamis, 06 Agustus 2020

 

 

Hiburan Seni Budaya

Kelompok Banteng Krido Buka Acara Festival Jaranan Trenggalek 2019

Ahmad Fiqi Purba
Kamis, 22 Agustus 2019 10:13 WIB

Kelompok Banteng Krido Buka Acara Festival Jaranan Trenggalek 2019
Penampilan kelompok seni jaranan Banteng Krido sebagai pembuka Festival Jaranan Terbuka Kabupatrn Trenggalek 2019 di Trenggalek, Rabu (21/9/2019) (Ist)

SOKSINEWS.COM, Kelompok seni jaranan "Banteng Krido" tampil sebagai kelompok seni pembuka dalam Festival Jaranan Terbuka ke-24 Kabupaten Trenggalek tahun 2019 di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Lebar panggung yang cukup luas dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para penari Banteng Krido untuk melakukan gerakan salto berputar putar.

Penampilan grup jaranan ini memang cukup menghibur seluruh tamu undangan dan masyarakat yang hadir dalam pembukaan festival jaranan ini.

Tampil sebagai bintang tamu, Banteng Krido mengemas semua gerakan tari jaranan mulai dari Turonggo Yakso tari jaranan khas Kabupaten Trenggalek, senterewe dan pegon menjadi sebuah karya tari yang sangat menghibur.

Penampilan Banteng Krido sebagai pembuka festival jaranan terbuka ini memang cukup memuaskan.

Ribuan penonton yang memadati arena pertunjukan di tengah alun-alun Kota Trenggalek tampak antusias menyaksikan festival ini sampai selesai.
  
Sedangkan festival jaranan terbuka Kabupaten Trenggalek ke-24 tahun 2019 ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Trenggalek ke-825.

Ketua panitia kegiatan sekaligus Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek Agus Setyoni menyebut festival ini selain memperingati Hari Jadi Trenggalek juga untuk melestarikan budaya kearifan lokal menjadi daya tarik wisata daerah.

Festival jaranan terbuka ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI dan Hari Jadi ke-825 Trenggalek.

Agus Setyono menuturkan festival jaranan terbuka ke-24 ini dibuka untuk dua kategori, tingkat umum dan pelajar.

"Ada 36 group yang mendaftar di tingkat umum. Sembilan grup jaranan dari luar Trenggalek dan 25 grup lokal Trenggalek," tuturnya.

Nantinya dari seluruh penampilan peserta akan dipilih 10 penyaji terbaik Turonggo Yakso dan 10 penyaji terbaik non Turonggo Yakso, dua penata tari dan dua penata iringan untuk kategori umum.

Sedangkan di kategori pelajar dalam festival ini nantinya akan dipilih lima penata tari tingkat SD, SMP dan SMA/ SMK/ MA, lima penata iringan tingkat SD, SMP dan SMA/SMK/MA.[]

Berita Lainnya

Berkenalan dengan para tokoh melalui "Guru-Guru Gokil Audio Series"

SOKSINEWS.COM, Menyambut film “Guru-Guru Gokil” yang akan tayang segera pada 2020, BASE Entertainment meluncurkan . . .

Hiburan Senin, 04 Mei 2020

Pengawasan Kawasan Taman Nasional Komodo Gunakan Teknologi Digital

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Nusa Tenggara Timur akan menggunakan aplikasi teknologi digital untuk memantau seluruh aktifitas baik . . .

Hiburan Kamis, 05 Desember 2019

Toraya Mangkasara Raih Juara Tari Dunia

SOKSINEWS.COM, Perwakilan Indonesia asal Makassar, Sulawesi Selatan berhasil meraih juara kedua dalam ajang kompetisi tari . . .

Hiburan Rabu, 06 November 2019

BPS: Wisatawan Asing Yang Berkunjung Ke Sumbar Turun 25,90 Persen

SOKSINEWS.COM, Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat mencatat kunjungan wisatawan asing ke provinsi itu pada September 2019 . . .

Hiburan Minggu, 03 November 2019

Pagelaran "Fesyar" 2019 Didorong Intensifkan QRIS Di Rumah Ibadah

SOKSINEWS.COM, Pagelaran Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) 2019 di Jawa Timur yang diadakan 6-9 November di Grand City Convention . . .

Hiburan Jumat, 01 November 2019