Jumat, 21 Februari 2020

 

 

Nasional Daerah

Pabrik Pengolahan Ijuk Di Cianjur Terbakar

Abu
Kamis, 22 Agustus 2019 17:16 WIB

Pabrik Pengolahan Ijuk Di Cianjur Terbakar
Pabrik terbakar

SOKSINEWS.COM, Pabrik pengolahan ijuk di Kampung Bihbul, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis terbakar, di mana api juga menyebabkan tiga rumah warga, satu warung dan bengkel yang berdekatan ikut terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun seorang warga mengalami luka bakar di bagian kaki dan langsung dibawa ke RSUD Cianjur untuk mendapatkan pertolongan medis.

Informasi dihimpun menyebutkan peristiwa kebakaran tersebut terjadi menjelang sore, api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarang oleh pekerja pabrik, namun hal tersebut masih dalam penyelidikan petugas.

Pertama kali api terlihat sudah membesar di bagian belakang pabrik oleh beberapa orang warga. Angin kencang dan teriknya matahari membuat api dengan cepat menjalar termasuk ke perkampungan warga yang berdekatan dengan pabrik.

"Beruntung saat api membesar tidak ada orang di dalam pabrik karena jam istirahat. warga langsung menghubungi petugas dan pemadam kebakaran karena takut api menjalar ke perkampungan," kata Hamdani saksi mata warga sekitar pada wartawan.

Ia menjelaskan api dengan cepat menjalar ke tiga rumah yang lokasinya bersebelahan dengan pabrik, meskipun tiga unit mobil pemadam kebakaran sudah diturunkan untuk memadamkan api.

"Tidak hanya tiga rumah warga, termasuk bengkel merangkap warung juga ikut terbakar, meskipun tidak ludes terbakar. Pemilik sempat panik mengeluarkan seluruh barang dari dalam rumah," katanya.

Bahkan dalam peristiwa kebakaran itu sempat terdengar suara ledakan yang berasal dari truk yang terparkir di depan pabrik, sehingga membuat panik warga sekitar yang sudah mengamankan keluarga dan barang berharga dari dalam rumah.

Selang dua jam berkecamuk, api akhirnya dapat dipadamkan dan tidak sampai menjalar ke rumah warga lainnya. Tiga unit mobil pemadam berusaha keras untuk memadamkan api yang dengan cepat membakar tumpukan injuk di dalam pabrik dan menjalar ke rumah warga.

Sementara hingga Kamis sore petugas masih berusaha memadamkan api yang sempat kembali menyala disejumlah titik. Keterangan petugas masih melakukan penyelidikan bersama pihak kepolisian terkait penyebab kebakaran.

"Diperkirakan kerugian mencapai miliaran rupiah dan satu orang warga mengalami luka bakar. Seedangkan bangunan yang terbakar ada empat selain pabrik. Kami masih menyelidiki penyebab kebakaran," kata Miky, petugas pemadam kebakaran (damkar) Cianjur.[]

Berita Lainnya

Rektor Unja Sosialisasikan Kampus Merdeka Dan Merdeka Belajar

SOKSINEWS.COM, Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. H. Sutrisno menyosialisasikan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan . . .

Nasional Kamis, 20 Februari 2020

Menlu Retno Ajak ASEAN, China Perkuat Mekasnisme Hadapi Wabah Covid-19

SOKSINEWS.COM, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menekankan pentingnya kerja sama antara negara-negara anggota ASEAN dan China . . .

Nasional Kamis, 20 Februari 2020

Presiden Ingin Peringkat EODB Indonesia Masuk 40 Besar Dunia

SOKSINEWS.COM, Presiden RI Joko Widodo menginginkan peringkat kemudahan berusaha atau ease of doing business (EODB) di Indonesia . . .

Nasional Kamis, 20 Februari 2020

Nelayan Mataram Tidak Melaut Karena Gelombang Tinggi

SOKSINEWS.COM, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, akibat gelombang tinggi . . .

Nasional Kamis, 20 Februari 2020

BI Turunkan Suku Bunga Acuan Jadi 4,75 Persen

SOKSINEWS.COM, Bank Indonesia memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan 7-Day Reverse Repo Rate sebanyak 25 basis poin menjadi . . .

Nasional Kamis, 20 Februari 2020