Kamis, 14 November 2019

 

 

Ekonomi UMKM

Mahasiswa UMK Peroleh Kesempatan Magang Di Bank Tabungan Negara

Abu
Kamis, 22 Agustus 2019 17:27 WIB

Mahasiswa UMK Peroleh Kesempatan Magang Di Bank Tabungan Negara
Mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) mendapatkan kesempatan magang kerja di PT Bank Tabungan Negara (BTN) selama enam bulan, menyusul ditandatanganinya kerja sama dengan PT BTN untuk Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).

SOKSINEWS.COM, Mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) mendapatkan kesempatan magang kerja di PT Bank Tabungan Negara (BTN) selama enam bulan, menyusul ditandatanganinya kerja sama dengan PT BTN untuk Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).

Menurut Department Head Learning Center Division PT BTN M. Takdir Munir di Kudus, Kamis, program magang ini memang berbeda dengan lainnya, karena mahasiswa yang magang menghabiskan waktu selama enam bulan dan juga mendapatkan gaji dari PT BTN.

Sepuluh mahasiswa UMK yang akan ikut PMMB ini, kata dia, masuk dalam kelompok kedua, sementara kelompok pertama akan selesai Jumat (23/8).

"Senin (26/8) sepuluh mahasiswa tersebut sudah mulai magang," ujarnya.

Dengan waktu magang selama enam bulan, kata dia, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman lebih, apalagi akan diperlakukan seperti karyawan.

Setidaknya, kata dia, mereka akan mengetahui seluk-beluk tentang kondisi kerja secara langsung di dunia perbankan, terutama di PT BTN.

"Nantinya, mahasiswa magang tidak hanya kirim surat dan fotokopi saja, tetapi akan mengetahui secara detail kondisi kerja seperti apa," ujarnya.

Karena rentang waktu enam bulan, maka diharapkan mahasiswa yang ikut PMMB akan mendapatkan pengalaman dunia kerja, kemudian mereka akan mendapatkan sertifikat kelas industri.

Selain itu, mereka juga berpeluang bekerja di PT BTN karena ketika ada lowongan dipersilahkan mendaftar. "Tentunya menerima orang yang sudah memiliki pengalaman kerja lebih baik dibandingkan harus mengajari dari awal," ujarnya.

Bahkan, lanjut dia, ada kantor cabang yang sampai meminta tidak perlu menarik mahasiswa magang ketika sudah selesai enam bulan, karena kinerjanya dianggap baik.

Sementara besarnya uang saku yang diberikan kepada mahasiswa magang sekitar Rp1,6 juta setiap bulannya sebagai biaya hidup selama magang.

"Jangan melihat uang sakunya, namun yang terpenting bagaimana mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman yang tidak didapatkan selama kuliah," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV UMK Subarkah mengatakan mengucapkan terima kasih kepada PT BTN karena sudah memberikan kesempatan kepada sepuluh mahasiswa untuk magang sehingga mendapatkan pengalaman dalam dunia usaha secara langsung.

Untuk mahasiswa yang ikut PMMB, katanya, ada penyaringan terlebih dahulu sehingga mereka yang magang sudah lolos standar yang sudah ditetapkan secara internal.

Ia berharap kerja sama yang dilakukan tidak berhenti, namun tetap berlanjut di kemudian hari sehingga bisa memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan maupun dunia usaha.

"Sebelumnya, UMK juga sudah bekerja sama dengan belasan perusahaan BUMN untuk PMMB," ujarnya.[]

Berita Lainnya

UMK Mataram Ditetapkan RP2.184.485

SOKSINEWS.COM, Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, telah menetapkan upah minimum kota (UMK) tahun 2020 sebesar . . .

Ekonomi Kamis, 14 November 2019

Presiden Jokowi Minta DIPA 2020 Dibelanjakan Secepatnya

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada pimpinan kementerian, lembaga, dan daerah, agar secepatnya membelanjakan . . .

Ekonomi Kamis, 14 November 2019

Kemenhub Serap APBN 2019 Baru Mencapai 69,30 Persen

SOKSINEWS.COM, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyerap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 baru mencapai 69,30 . . .

Ekonomi Rabu, 13 November 2019

LPS Imbau Masyarakat Tidak Tergiur Suku Bunga Bank Yang Tinggi

SOKSINEWS.COM, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengimbau masyarakat untuk tidak tergiur dengan tawaran suku bunga bank yang tinggi, . . .

Ekonomi Rabu, 13 November 2019

Bertemu Erick Thohir, Ahok: Saya Mau Dilibatkan Disalah Satu BUMN

SOKSINEWS.COM, Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mendatangi kantor Kementerian BUMN untuk bertemu Menteri . . .

Ekonomi Rabu, 13 November 2019