Senin, 20 Januari 2020

 

 

Ekonomi

Menko Darmin Harap Pasar Modal Berikan Pembiayaan Murah

Abu
Jumat, 23 Agustus 2019 15:57 WIB

Menko Darmin Harap Pasar Modal Berikan Pembiayaan Murah
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution

SOKSINEWS.COM,  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengharapkan pasar modal dapat memberikan akses pembiayaan dana lebih murah dibandingkan perbankan bagi perusahaan skala usaha kecil dan menengah.

"Semestinya, pasar modal itu bisa menghasilkan pembiayaan yang lebih murah, karena perbankan kita marginnya agak besar. Keduanya bisa saling berlomba," kata Darmin dalam sambutannya pada acara Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2019 di Jakarta, Jumat.

Dengan adanya persaingan, menurut dia, pelaku usaha akan mendapatkan opsi pembiayaan yang lebih murah. Selain itu juga dapat mendorong Indonesia masuk dalam kelonggaran moneter.

Ia juga mengharapkan agar regulator pasar modal memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk melakukan proses penawaran umum perdana (initial public offering/IPO), baik saham maupun obligasi.

"Permudah perusahaan skala menengah dan kecil untuk masuk dan memperoleh pendanaan dari pasar modal, salah satunya adalah mempermudah IPO," ujarnya.

Ia mengatakan kemudahan perusahaan dalam menggalang dana di pasar modal itu tentunya tanpa mengurangi kualitas keterbukaan investasi yang perlu diketahui investor.

Selain itu, lanjut dia, kemudahan untuk investor juga perlu diperhatikan, salah satunya pembukaan rekening efek yang lebih cepat untuk meningkatkan jumlah investor.

"Sisi supply dan demand harus sama kuat. Dari sisi supply terus meningkatkan jumlah emiten dengan menyederhanakan kebijakan dan prosedur perizinan IPO. Lalu sisi demand mempermudah transaksi investor di pasar modal," katanya.[]

Berita Lainnya

Sri Mulyani Sebut Devisit APBD 2019 RP353 Triliun

SOKSINEWS.COM, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari Januari . . .

Ekonomi Selasa, 07 Januari 2020

Banjir Kembali Landa Solok Selatan, 9 Rumah Hanyut Tersapu Air

SOKSINEWS.COM, Banjir bandang kembali melanda Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. 9 rumah hanyut, sejumlah jembatan ambruk . . .

Ekonomi Jumat, 13 Desember 2019

Presdir BCA: Kepercayaan Masyarakat Berawal Dari Perusahaan Solid

SOKSINEWS.COM, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja menegaskan, di tengah perkembangan teknologi . . .

Ekonomi Jumat, 13 Desember 2019

Resmikan Tol Layang Japek, Jokowi Harap Kemacetan Berkurang 30 Persen

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek II). Jokowi berharap kemacetan berkurang . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019

Menabung di Bank Sudah Biasa, Nih Cobain Alternatif Lainnya

SOKSINEWS.COM, Saat kita menyimpan uang, jangan berpikir bahwa dengan menyimpan uang di bank menjadi jalan kamu untuk mencapai . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019