Kamis, 06 Agustus 2020

 

 

Ekonomi

Menko Darmin Harap Pasar Modal Berikan Pembiayaan Murah

Abu
Jumat, 23 Agustus 2019 15:57 WIB

Menko Darmin Harap Pasar Modal Berikan Pembiayaan Murah
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution

SOKSINEWS.COM,  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengharapkan pasar modal dapat memberikan akses pembiayaan dana lebih murah dibandingkan perbankan bagi perusahaan skala usaha kecil dan menengah.

"Semestinya, pasar modal itu bisa menghasilkan pembiayaan yang lebih murah, karena perbankan kita marginnya agak besar. Keduanya bisa saling berlomba," kata Darmin dalam sambutannya pada acara Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2019 di Jakarta, Jumat.

Dengan adanya persaingan, menurut dia, pelaku usaha akan mendapatkan opsi pembiayaan yang lebih murah. Selain itu juga dapat mendorong Indonesia masuk dalam kelonggaran moneter.

Ia juga mengharapkan agar regulator pasar modal memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk melakukan proses penawaran umum perdana (initial public offering/IPO), baik saham maupun obligasi.

"Permudah perusahaan skala menengah dan kecil untuk masuk dan memperoleh pendanaan dari pasar modal, salah satunya adalah mempermudah IPO," ujarnya.

Ia mengatakan kemudahan perusahaan dalam menggalang dana di pasar modal itu tentunya tanpa mengurangi kualitas keterbukaan investasi yang perlu diketahui investor.

Selain itu, lanjut dia, kemudahan untuk investor juga perlu diperhatikan, salah satunya pembukaan rekening efek yang lebih cepat untuk meningkatkan jumlah investor.

"Sisi supply dan demand harus sama kuat. Dari sisi supply terus meningkatkan jumlah emiten dengan menyederhanakan kebijakan dan prosedur perizinan IPO. Lalu sisi demand mempermudah transaksi investor di pasar modal," katanya.[]

Berita Lainnya

Bandara Semarang Layani Penerbangan Terbatas Saat Pandemi COVID-19

SOKSINEWS.COM, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Kota Semarang, Jawa Tengah, mulai melayani penerbangan sejumlah maskapai . . .

Ekonomi Sabtu, 09 Mei 2020

Kemenkeu Ungkap Ruangguru Paling Banyak Dipilih Peserta Prakerja

SOKSINEWS.COM, Kementerian Keuangan mengungkap mitra Kartu Prakerja yakni Ruangguru menjadi kanal digital yang paling banyak dipilih . . .

Ekonomi Jumat, 08 Mei 2020

Sri Mulyani : Percepatan Bansos Tahan Penurunan Konsumsi Di Kuartal II

SOKSINEWS.COM, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan keputusan pemerintah untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial . . .

Ekonomi Jumat, 08 Mei 2020

Industri masih jadi penyumbang tertinggi pertumbuhan ekonomi kuartal I

SOKSINEWS.COM, Sektor industri masih memberikan kontribusi paling besar terhadap struktur produk domestik bruto (PDB) nasional . . .

Ekonomi Rabu, 06 Mei 2020

Kementan sebut bawang merah segera panen raya

SOKSINEWS.COM, Kementerian Pertanian menyatakan bahwa komoditas bawang merah yang kini harganya masih terpantau tinggi, akan segera . . .

Ekonomi Senin, 04 Mei 2020