Rabu, 30 September 2020

 

 

Ekonomi Infrastruktur

Mal Pelayanan Publik Gunakan Gedung Bekas Pusat Media Asian Games

Kaslan
Senin, 26 Agustus 2019 10:53 WIB

Mal Pelayanan Publik Gunakan Gedung Bekas Pusat Media Asian Games
Ilustrasi Salah Satu Fasilitas Asian games

SOKSINEWS.COM, Mal Pelayanan Publik Palembang akan menggunakan Gedung Sriwijaya Promotion Center yang merupakan bekas pusat media (media center) saat Asian Games 2018 dan saat ini sedang direnovasi.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) Kota Palembang, Akhmad Mustain,mengatakan Gedung Sriwijaya Promotion Center (SPC) telah dialih asetkan dari Pemprov Sumsel ke Pemkot Palembang sehingga dapat digunakan.

"Awal tahun 2020 insyaallah Kota Palembang sudah punya Mal Pelayanan Publik," ujar Akhmad Mustaian, di Palembang, Senin (26/8/2019).

Menurutnya Mal Pelayanan Publik yang berlokasi di depan Komplek Olahraga Jakabaring tersebut akan mengintegrasikan seluruh pelayanan di Kota Palembang dengan koordinasi Internal maupun eksternal.

Secara Internal disediakan pelayanan-pelayanan menyangkut koordinasi di bawah Pemkot Palembang seperti, pelayanan pembayaran PDAM, pengurusan data kependudukan (Disdukcapil), berkas-berkas dunia kerja (Disnaker), pembayaran pajak (BPPD), koordinasi lalu lintas Dishub dan pelayanan lainnya.

Sedangkan untuk eksternalnya seperti pelayanan Paspor, SIM, pembayaran Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, dan berbagai pelayanan menyangkut perbankan.

"Mal Pelayanan Publik ini merupakan gagasan Kementerian PAN-RB yang menunjuk Palembang sebagai salah satu kota yang harus menyiapkan diri," jelasnya.

Mal Pelayanan Publik didirikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat menuju pemerintahan yang baik, bebas KKN dan berbasis penggunaan teknologi terpadu.

Namun menurutnya Kota Palembang sudah agak tertinggal dengan kota besar lainnya di Indonesia yang telah memiliki Mal Pelayanan Publik, di mana warganya sudah merasakan kemudahan mengurus berbagai pelayanan.

Meski berada di perbatasan Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir, Mal Pelayanan Publik Palembang dapat ditempuh dengan berbagai alternatif transportasi, seperti ojek daring, bus Trans-Musi, dan LRT yang lokasi stasiunnya hanya berjarak 800 meter dari gedung SPC.

Berita Lainnya

Sore Ini, Rupiah Ditutup Menguat Menjadi Rp14.700 per Dolar AS

SOKSINEWS.COM, Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan menjelang akhir bulan September masih . . .

Ekonomi Senin, 21 September 2020

Kabar Gembira, Perekonomian Indonesia Mulai Merangkak Naik

SOKSINEWS.COM, Sektor industri manufaktur di Indonesia menunjukkan geliat yang agresif di tengah tekanan dampak pandemi COVID-19. . . .

Ekonomi Rabu, 02 September 2020

Ternyata Ini Penyebab Pertamina Merugi Rp 11 Triliun

SOKSINEWS.COM, Terdapat tiga faktor penyebab Pertamina merugi hingga Rp11,13 triliun pada semester I-2020. Salah satunya karena . . .

Ekonomi Selasa, 01 September 2020

Gubernur BI Beberkan 3 Cara Majukan UMKM di Era Digital

SOKSINEWS.COM, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo membeberkan tiga cara memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai . . .

Ekonomi Jumat, 28 Agustus 2020

Kemenperin Dorong Pembangunan Pabrik Gula Terintegrasi Lahan Tebu

SOKSINEWS.COM, Kementerian Perindustrian terus mendorong pembangunan pabrik gula baru yang terintegrasi lahan tebu. Pabrik baru . . .

Ekonomi Kamis, 27 Agustus 2020