Jumat, 13 Desember 2019

 

 

Nasional Daerah

Ribuan Hektar Sawah di Sumatera Selatan Terdampak Kekeringan

Kaslan
Rabu, 28 Agustus 2019 10:53 WIB

Ribuan Hektar Sawah di Sumatera Selatan Terdampak Kekeringan
Ilustrasi: Areal sawah kering. (Ali Khumaini/Dok)

SOKSINEWS.COM, Diperkirakan 2.000 hektare sawah di Sumatera Selatan (Sumsel) terdampak kekeringan akibat kurangnya pasokan air di beberapa kabupaten wilayah barat provinsi tersebut.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Selatan, Antoni Alam, mengatakan kekeringan tahun ini akibat musim kemarau yang lebih panjang, dengan hari tanpa hujan mencapai dua bulan.

"Memang tragis kekeringan tahun ini, bahkan di Kabupaten Empat Lawang yang sawahnya mengandalkan irigasi pedesaan sudah 60 hari tidak hujan, aliran air pegunungan pun sudah mengering," ujar Antoni Alam, Antoni Alam, Rabu (28/8/2019).

Pihaknya sudah mengupayakan pompanisasi dan pembuatan sumur-sumur dangkal di wilayah terdampak kekeringan, namun upaya tersebut tidak maksimal lantaran sumber air sangat sedikit.

Meski demikian, kata dia, kemungkinan gagal panen tidak terlalu besar karena tanaman padi yang terdampak kekeringan rata-rata berumur 75 hari, sehingga masih sempat untuk dipanen.

"Mungkin hanya ada kekurangan produksi sekitar 10 sampai 20 persen per hektarenya di sawah yang kering," kata Antoni.

Selain itu kekeringan tidak akan mengurangi target penambahan produksi 1 juta ton gabah kering di Sumatera Selatan sampai akhir 2019, sebab provinsi itu masih memiliki sawah pasang surut yang tidak terdampak kekeringan.

"40 persen sawah di Sumatera Selatan itu lebak dalam, justru pada saat kering seperti ini mulai penanaman. Itulah sebabnya Kementerian Pertanian mulai mendorong Sumatera Selatan menjadi lumbung pangan karena potensi di sini sangat besar," ujar Antoni.    

Berita Lainnya

PPATK Dalami Rekening Kasino di Luar Negeri Milik Sejumlah Kepala Daerah

SOKSINEWS.COM, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) rupanya tengah menelusuri jejak-jejak transaksi keuangan . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

Sofyan Djalil Bagikan 3.025 Sertifikat Tanah di Kalsel

SOKSINEWS.COM, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) membagikan 3.025 sertifikat tanah ke warga . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

Ditangkap, Buronan Kasus Narkoba Coba Suap Petugas Imigrasi Rp 2 Miliar!

SOKSINEWS.COM, Petugas Imigrasi yang bertugas di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara menangkap seorang buronan kasus narkoba inisial . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

PA 212 Minta Kasus Sukmawati-Muwafiq Diproses, Akan Demo Lagi Jika Mangkrak

SOKSINEWS.COM, Massa aksi demonstrasi di Mabes Polri meminta polisi untuk melanjutkan proses hukum dari Sukmawati Soekarnoputri . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

Bamsoet: Wacana Lain Amandemen UUD 1945 di Luar GBHN Bukan dari MPR

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan bahwa rencana amandemen UUD 1945 guna untuk menghadirkan pokok-pokok . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019