Senin, 21 Oktober 2019 -

 

 

Gubernur Sumsel: Program Serasi Jadikan Lumbung Pangan

Nasional  -  Senin, 02 September 2019, 10:26 WIB
Penulis. Abu

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru

SOKSINEWS.COM, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, program selamatkan rawa sejahterakan petani  atau Serasi akan mampu menjadikan provinsi itu menjadi lumbung pangan nasional.

Hal ini karena Sumatera Selatan banyak terdapat rawa sehingga bila dikelola melalui program Serasi maka daerah itu akan menjadi lumbung pangan nasional,"" kata Gubernur Herman di Palembang, Senin, (02/09/19).

Bahkan, program Serasi antara lain telah dilaksanakan di Kabupaten Banyuasin, Sumsel yang pencanangannya sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Bukan itu saja tetapi program Serasi nantinya akan selaras dengan Program Petani Bangkit yang tertuang dalam Visi Misi kabupaten Banyuasin Bangkit 2018 – 2023.

Gubernur mengatakan, program Serasi nantinya akan meningkatkan produksi pangan di Sumatera Selatan karena itu juga dibantu pemerintah pusat.

Pihaknya telah meninjau program Serasi, ternyata sambutan masyarakat sangat antusias, karena proyek itu untuk meningkatkan produksi pangan.

Hal ini karena dengan lahan yang tidak produktif selama ini maka dimaksimalkan lagi, lanjut dia, selain itu juga akan meningkatkan panen yang selama ini satu kali menjadi dua kali atau lebih.

Dia mengatakan, selama ini di lahan biasanya petani hanya satu kali panen. Bahkan saat di musim hujan lahan juga kena banjir. Maka dari itu mulai masa kemarau ini diterapkan sistem buang air melalui pompa irigasi menggunakan alat yang dimiliki.

Pompa irigasi ini juga bukan hanya berfungsi untuk mengalirkan air ke sawah namun juga bisa dilakukan untuk pembuangan air ke sungai.

"Kita bersama-sama kelompok tani, bersama Dinas Pertanian harapan kita di tahun depan sudah menampakkan bukti hasilnya lebih banyak ditahun sebelumnya," ujar gubernur.

Dalam upaya untuk meningkatkan produksi pertanian itu pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi yang dihadiri Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Sebagai hasil dari Rakor Percepatan Kegiatan Luas Tambah Tanam (LTT) dan Serasi 2019 Sumsel mendapatkan kuota lebih kurang 200.000 Ha.

Dalam program Serasi dan hampir separuh lokasinya berada di Kabupaten Banyuasin, yang kondisi alamnya rawa dan lebak.[]

LTTHerman DeruGubernur Program Petani

 

 

Baca Juga