Jumat, 22 November 2019

 

 

Teknologi

Menkominfo Koordinasikan Pembukaan Jaringan Internet Secara Penuh di Papua

Kaslan
Kamis, 05 September 2019 13:10 WIB

Menkominfo Koordinasikan Pembukaan Jaringan Internet Secara Penuh di Papua
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menjawab pertanyaan awak media di sela acara IDX-RHB Investor Summit 2019 di Yogyakarta, Rabu sore. (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)

SOKSINEWS.COM, Kementerian Komunikasi dan Informatika terus melakukan koordinasi dengan segenap staff di lapangan agar internet komunikasi di Papua dan Papua Barat dapat dibuka sepenuhnya setelah beberapa minggu dibatasi akibat konflik yang pecah di sana.

"Belum tahu karena yang memutuskan bukan saya saja, ada koordinasi. Kami juga terus memantau juga dengan teman-teman di lapangan," kata Menteri Kominfo Rudiantara menjawab pertanyaan kapan internet di Papua dan Papua Barat terbuka penuh, saat ditemui di kantor Kominfo, Kamis (5/9/19).

Kominfo secara bertahap membuka akses internet di Papua dan Papua Barat mulai Rabu (4/9) pukul 23.00 WIT. Rudiantara menyatakan saat ini sekitar 50 persen akses internet di Papua dan Papua Barat sudah dibuka kembali.

Pemerintah sudah membuka blokir internet di 19 kabupaten di Papua, yaitu Keerom, Puncak Jaya, Puncak, Asmat, Boven Digoel, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Intan Jaya, Yalimo, Lanny Jaya, Mappi, Tolikara, Nduga, Supiori, Waropen, Merauke, Biak, Yapen, dan Sarmi.

Sepuluh kabupaten lainnya yaitu Mimika, Paniai, Deiyai, Dogiyai, Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Numfor, Kota Jayapura, Yahukimo dan Nabire, akan terus dipantau situasinya dalam satu atau dua hari ke depan.

Pemerintah juga membuka blokir data di 10 kabupaten di Provinsi Papua Barat yakni Fakfak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Tambrauw, Maybrat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak.

Sedangkan Kota Sorong, Kabupaten Sorong dan Kota Manokwari akan terus dipantau situasinya dalam satu atau dua hari ke depan.

Kominfo juga sedang mempersiapkan media center untuk wartawan dan media yang kesulitan mengirimkan reportase selama internet belum sepenuhnya pulih, antara lain di Jayapura, Merauke dan Sorong.

Berita Lainnya

Kominfo Siapkan Strategi Jasa Logistik Dorong Ekonomi Digital

SOKSINEWS.COM, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan . . .

Teknologi Senin, 28 Oktober 2019

Pabrik Esemka di Demangan Boyolali Terus Produksi

SOKSINEWS.COM, Pabrik otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa . . .

Teknologi Rabu, 09 Oktober 2019

Toyota Segera Luncurkan Prius Phev Awal 2020

SOKSINEWS.COM, PT Toyota Astra Motor akan meluncurkan Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) pada triwulan pertama . . .

Teknologi Rabu, 02 Oktober 2019

Rudiantara: Keamanan Siber Perlu Satu Kebijakan Untuk Kawasan Asean

SOKSINEWS.COM, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan keamanan siber di ASEAN perlu satu kebijakan . . .

Teknologi Kamis, 19 September 2019

Jokowi Ingin Dukung Pengembangan Otomotif Nasional Esemka

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ingin mendukung pengembangan otomotif nasional, sehingga mau meresmikan . . .

Teknologi Jumat, 06 September 2019