Sabtu, 22 Februari 2020

 

 

Nasional

Didampingi Din Syamsuddin, Wapres JK Terima Tokoh Lintas Agama Myanmar

Ahmad Fiqi Purba
Senin, 09 September 2019 13:09 WIB

Didampingi Din Syamsuddin, Wapres JK Terima Tokoh Lintas Agama Myanmar
Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan tokoh-tokoh lintas agama dari Myanmar di Kantor Wapres Jakarta, Senin (9/9/2019) (Fransiska Ninditya)

SOKSINEWS.COM, Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan tokoh-tokoh lintas agama dari Myanmar di Kantor Wapres Jakarta, Senin
(9/9/19) untuk berdiskusi mengenai toleransi dan kerukunan antarumat beragama di kedua negara.

Kedatangan rombongan tokoh lintas agama tersebut merupakan bentuk kerja sama dengan Indonesia Inter-Religious Council (IRC) yang diprakarsai oleh Din Syamsuddin.

“Hari ini delegasi dari para tokoh lintas agama Myanmar hadir di Indonesia dalam rangka untuk memahami pengalaman Indonesia  membangun kerukunan antarumat beragama,” kata Din Syamsuddin usai pertemuan dengan Wapres Jusuf Kalla.

Din menjelaskan dalam pertemuan tersebut Wapres JK mengatakan bahwa keberagaman di Indonesia menjadi pemersatu kehidupan antarumat, selain juga menerapkan ajaran agama moderat termasuk Islam wasathiyah.

“Penyampaian Pak Wapres pada intinya kerukunan antarumat beragama di Indonesia, karena kita semua memiliki Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, dan juga agama-agama di Indonesia mengajarkan ajaran yang moderat,” jelasnya.

Dengan ideologi dan ajaran agama yang moderat itu, maka Indonesia diharapkan dapat menjadi model kerukunan antarumat beragama di negara-negara dengan beragam latar belakang agama.

???“Pelajaran ini dilirik oleh dunia dan diharapkan nanti bisa menjadi model kerukunan antarumat beragama tingkat dunia,” kata Din.
 

Sementara itu, Pimpinan Delegasi Kardinal Charles Bo mengapresiasi pertemuan tersebut dan berharap dapat belajar dari Indonesia mengenai kesetaraan hidup beragama.

“Kami melihat banyak pengalaman bagaimana di negara mayoritas muslim ini menjaga kesetaraan tanpa diskriminasi untuk semua agama,” ujar Kardinal Charles.

Berita Lainnya

Panitia Pemilih Cawagub DKI Ditargetkan Terbentuk Pekan Depan

SOKSINEWS.COM, Panitia Pemilih (Panlih) Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta untuk menentukan pengganti Sandiaga Uno, ditargetkan . . .

Nasional Jumat, 21 Februari 2020

Terjadi Persaingan Figur Parpol Dan Non-Parpol Di Pilkada Surabaya

SOKSINEWS.COM,Pusat Riset Pilkada JTV bekerja sama dengan Tim Survei Pilkada Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memperkirakan . . .

Nasional Jumat, 21 Februari 2020

Presiden Jokowi: Kita Ingin Negara Yang Cepat

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh rakyat untuk bekerja keras membangun ekonomi agar Indonesia menjadi . . .

Nasional Jumat, 21 Februari 2020

Perpusnas: Pustakawan Berperan Membentuk Budaya Literasi

SOKSINEWS.COM, Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando mengatakan pustakawan memiliki peran penting dalam membentuk . . .

Nasional Jumat, 21 Februari 2020

Mukomuko Butuh Payung Hukum Lindungi Ikan Mikih

SOKSINEWS.COM, Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan, daerah ini membutuhkan payung hukum baik berupa . . .

Nasional Jumat, 21 Februari 2020