Senin, 21 Oktober 2019 -

 

 

Bamsoet: Pengembangan Wisata Strategis Harus Menyertakan Prinsip Ekologi

Ekonomi  -  Selasa, 10 September 2019, 15:26 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dalam acara diskusi yang digelar Depinas SOKSI dengan tema “Kelestarian Hutan dan Prospek Ekowisata di Era Revolusi Industri 4.0”

SOKSINEWS.COM, Pemanfaatan sumber daya hutan dalam rangka akselarasi pengembangan wisata strastegis nasional seharusnya turut menyertakan prinsip ekologi karena masih menyangkut pemanfaatan sumber daya alam dalam bentuk yang masih alami termasuk spesies, habitat, bentangan alam, pemandangan, kehidupan air laut dan air tawar.

Hal itu disampaikan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dalam diskusi “Kelestarian Hutan dan Prospek Ekowisata di Era Revolusi Industri 4.0” di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK-RI, Selasa (10/9/19).

"Ekowisata merupakan konsep idea dalam memanfaatkan sumber daya alam hutan sekaligus membangun sektor pariwisata di Indonesia karena pembangunan dibidang pariwisata tidak dapat dipisahkan dari pembangunan nasional terkait pembangunan ekonomi dan sektor-sektor lainnya," katanya.

Ekowisata sendiri kata Bamsoet, menuntut persyaratan tambahan bagi pelestarian alam yang menyebabkan terpeliharanya spesies dan habitatnya secara langsung dengan peranannya dalam pelestarian.

Lebih lanjut Wakil Ketua Umum SOKSI itu menjelaskan pada posisi lain, juga harus bisa memberikan pandangan pada masyarakat untuk dapat menerapkan perlindungan alam sebagai sumber pendapatan.

"Hutan harus bisa mensejahterakan masyarakat lokal, tidak hanya masyarakat kota yang kebetulan menerima atau mendapat konsesi atas pemanfaatan hutan itu, dengan demikian ekowisata banyak pemikiran wisata yang menarik perhatian besar terhadap kelestarian sumber daya alam dan lingkungan sebagai salah satu isu utama dalam kehidupan manusia baik secara ekonomi, sosial maupun politik," kata Bamsoet.

Mengenai revolusi industri 4.0, Bamsoet berpendapat teknologi memiliki peran penting dalam keselarasan data dan informasi dalam pemanfaatan sumber daya yang tersedia seperti area yang digunakan, banyaknya energi yang terpakai, banyaknya sanitasi polusi suara dan udara.

"Saya berpendapat bahwa kemampuan teknologi merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian sumber daya alam dan budaya, baik dimasa sekarang maupun yang akan datang agar masyarakat dapat hidup dengan sejahtera," pungkasnya.[]

WisataBambang SoesatyoBamsoet

 

 

Baca Juga