Senin, 21 Oktober 2019 -

 

 

Bamsoet: Masyarakat Harus Dilibatkan dalam Kebijakan Kehutanan

Ekonomi  -  Selasa, 10 September 2019, 16:06 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

SOKSINEWS.COM, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan penerapan paradigma kehutanan yang berkelanjutan sangat diperlukan dalam mengatasi masalah deportasi hutan.

"Untuk itu kebijakan yang ditempuh oleh berbagai negara adalah dengan menerapkan paradigma kehutanan yang berkelanjutan yang bertumpu pada keseimbangan fungsi ekonomi, ekologi dan sosial budaya dari pengelolaan sumber daya hutan yang tidak sentralistik dengan membangun kemandirian masyarakat," kata Bamsoet digedung di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK-RI, Selasa (10/9/19).

Selain itu, untuk mencapai tujuan daripada kebijakan kehutanan, Politisi Partai Golkar itu mengtakan salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah keterlibatan aktif masyarakat dalam melestarikan sumber daya hutan.

"Partisipasi mereka dalam pelestarian sumberdaya hutan sangat penting mengingat bahwa mereka adalah subyek sekaligus obyek dampak kebijakan kehutanan," kata pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut.

Terkahir, Bamsoet berharap Diskusi yang digelar oleh Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas SOKSI) dengan tema “Kelestarian Hutan dan Prospek Ekowisata di Era Revolusi Industri 4.0” dapat melahirkan pemikiran untuk menjaga kelestarian hutan.

"Saya berharap diskusi ini, bisa melahirkan pemikiran pemikiran yang bisa mendorong kebijakan negara menjaga hutan kita," pungkasnya.[]

Bambang SoesatyoDeportasiHutan

 

 

Baca Juga