Jumat, 13 Desember 2019

 

 

Ekonomi

Bamsoet: Konglomerat Pemegang Konsesi Hutan Banyak Langgar Ketentuan

Ahmad Fiqi Purba
Rabu, 11 September 2019 09:03 WIB

Bamsoet: Konglomerat Pemegang Konsesi Hutan Banyak Langgar Ketentuan
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo di acara dialog publik SOKSI

SOKSINEWS.COM, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan konglomerat pemegang konsesi hutan yang diberikan oleh Negara banyak melakukan penyimpangan dalam hal pemanfaatan hutan.

"Pengusaha-pengusaha yang diberikan konsesi hutan oleh negara rata-rata melakukan pemanfaatan menyimpang dari ketentuan yang sudah dietentukan oleh undang-undang," kata Bambang Soesatyo dalam diskusi "Kelestarian Hutan dan Prospek Ekowisata di Era Revolusi Industri 4.0” di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK-RI, Selasa (10/9/19).

Dalam diskusi yang diinisiasi oleh Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) tersebut, Politikus Golkar itu memaparkan pada tahun 2015 terdapat 128 juta hektare hutan Indonesia yang terus menyusut hingga tahun 2019 tercatat tinggal 125 hektare.

Ironisnya, Pria yang akrab disapa Bamsoet itu mengungkapkan, jutaan hektare hutan tersebut hanya dikuasai oleh 25 kelompok besar di Indonesia.

"Tanah tersebut hanya dikuasai oleh 25 orang kelompok besar dan itu yang kita kenal sekarang ini menjadi konglomerat," katanya.

Bamsoet menuturkan, kalau saja pemerintah tidak memberikan konsesi tersebut maka para konglomerat tidak akan bisa menikmati kekayaan dari pemanfaatan hutan seperti sekarang.

"Kalau dia (Konglomerat) tidak dapat konsesi Negara, pasti sampai sekarang mereka masih menjadi penjaga toko kelontong di Condet sana," pungkasnya.[]

Berita Lainnya

Banjir Kembali Landa Solok Selatan, 9 Rumah Hanyut Tersapu Air

SOKSINEWS.COM, Banjir bandang kembali melanda Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. 9 rumah hanyut, sejumlah jembatan ambruk . . .

Ekonomi Jumat, 13 Desember 2019

Presdir BCA: Kepercayaan Masyarakat Berawal Dari Perusahaan Solid

SOKSINEWS.COM, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja menegaskan, di tengah perkembangan teknologi . . .

Ekonomi Jumat, 13 Desember 2019

Resmikan Tol Layang Japek, Jokowi Harap Kemacetan Berkurang 30 Persen

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek II). Jokowi berharap kemacetan berkurang . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019

Menabung di Bank Sudah Biasa, Nih Cobain Alternatif Lainnya

SOKSINEWS.COM, Saat kita menyimpan uang, jangan berpikir bahwa dengan menyimpan uang di bank menjadi jalan kamu untuk mencapai . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019

Jangan Coba-coba Beli Mobil Mewah Pakai KTP Orang Lain!

SOKSINEWS.COM, Akhir-akhir ini mulai terbongkar modus pemilik mobil mewah memalsukan identitas agar tak kena pajak progresif. . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019