Selasa, 15 Oktober 2019 -

 

 

Bamsoet: Konglomerat Pemegang Konsesi Hutan Banyak Langgar Ketentuan

Ekonomi  -  Rabu, 11 September 2019, 09:03 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo di acara dialog publik SOKSI

SOKSINEWS.COM, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan konglomerat pemegang konsesi hutan yang diberikan oleh Negara banyak melakukan penyimpangan dalam hal pemanfaatan hutan.

"Pengusaha-pengusaha yang diberikan konsesi hutan oleh negara rata-rata melakukan pemanfaatan menyimpang dari ketentuan yang sudah dietentukan oleh undang-undang," kata Bambang Soesatyo dalam diskusi "Kelestarian Hutan dan Prospek Ekowisata di Era Revolusi Industri 4.0” di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK-RI, Selasa (10/9/19).

Dalam diskusi yang diinisiasi oleh Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) tersebut, Politikus Golkar itu memaparkan pada tahun 2015 terdapat 128 juta hektare hutan Indonesia yang terus menyusut hingga tahun 2019 tercatat tinggal 125 hektare.

Ironisnya, Pria yang akrab disapa Bamsoet itu mengungkapkan, jutaan hektare hutan tersebut hanya dikuasai oleh 25 kelompok besar di Indonesia.

"Tanah tersebut hanya dikuasai oleh 25 orang kelompok besar dan itu yang kita kenal sekarang ini menjadi konglomerat," katanya.

Bamsoet menuturkan, kalau saja pemerintah tidak memberikan konsesi tersebut maka para konglomerat tidak akan bisa menikmati kekayaan dari pemanfaatan hutan seperti sekarang.

"Kalau dia (Konglomerat) tidak dapat konsesi Negara, pasti sampai sekarang mereka masih menjadi penjaga toko kelontong di Condet sana," pungkasnya.[]

BamsoetBambang SoesatyoGolkarSOKSI

 

 

Baca Juga